Persepsi Masyarakat Terkait Pelaksanaan Undang-Undang Pengelolaan Zakat Di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan


Galuh Intan Pawestri, , 8150408189 (2012) Persepsi Masyarakat Terkait Pelaksanaan Undang-Undang Pengelolaan Zakat Di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Terkait Pelaksanaan Undang-Undang Pengelolaan Zakat Di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan] Microsoft Word (Persepsi Masyarakat Terkait Pelaksanaan Undang-Undang Pengelolaan Zakat Di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Salah satu permasalahan tentang pengelolaan zakat terletak pada kurangnya pemahaman masyarakat terhadap zakat serta dalam menunaikannya. Permasalahan yang akan dikaji adalah sebagai berikut : (1)Bagaimana pemahaman masyarakat mengenai manajemen pengelolaan zakat. (2) Faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat terkait pengelolaan zakat di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Pendekatan peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan secara sampling yaitu dengan observasi, wawancara, kepustakaan dan kuesioner yang dilakukan oleh 70 responden. Menurut Undang-undang Pengelolaan Zakat telah diatur mengenai manajemen pengelolaan zakat sesuai pasal 1 angka 1 Undang-undang No. 28 Tahun 1999 yaitu meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengumpulan dan pendistribusian serta pendayagunaan zakat. BAZ Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan telah menggunakan acuan tersebut dengan tujuan agar masyarakat mampu mempercayakan harta yang mereka sisihkan untuk beramal, tetapi dalam kenyataannya dilapangan terlihat masih banyak masyarakat Kecamatan Purwodadi kurang percaya akan hadirnya BAZ dalam mengelola zakat. Peneliti menemukan beberapa faktor pendukung dan penghambat terkait pengelolaan zakat di Kecamatan Purwodadi yaitu dikarenakan masyarakat kurangnya pemahaman dalam menunaikan zakat, serta dari pihak BAZ belum tersistem atau terpola dengan benar dan kurangnya sosialisasi sehingga membuat masyarakat menjadi enggan untuk menunaikan zakat di BAZ Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Hal tersebut ditunjukan dengan presentase 55,7% dari pemahaman masyarakat mengenai zakat, 42,9% dari pemahaman masyarakat mengenai manajemen zakat dan 47,1% terlihat dari pengalaman berzakat yang dilakukan di BAZ kecamatan Purwodadi tersebut. Sehingga dari ketiga variabel diatas pengelolaan zakat di BAZ kecamatan Purwodadi hanya bisa dikatakan “Cukup”. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait adalah sebagai berikut : (1) Bagi pemerintah khususnya pengurus BAZ melakukan pembaruan kerja dan melakukan penyuluhan secara intensif serta berkesinambungan agar tercapai hasil yang optimal. (2) Bagi masyarakat diharapkan lebih mempercayai keberadaan BAZ sebagai tempat pengelolaan zakat yang dapat dipercaya. (3) Bagi para ilmuan khususnya para ilmuwan hukum berupaya untuk mengerti, memahami dan melaksanakan zakat, agar memperoleh kenikmatan dunia dan akhirat sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Manajemen Pengelolaan Zakat, Badan Amil Zakat Kecamatan.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Sep 2012 00:25
Last Modified: 14 Sep 2012 00:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15419

Actions (login required)

View Item View Item