Pembelajaran PIIP Piano dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya di Program Studi Seni Musik Jurusan PSDTM FBS UNNES


Rizki Haryoko, 2503408057 (2012) Pembelajaran PIIP Piano dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya di Program Studi Seni Musik Jurusan PSDTM FBS UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran PIIP Piano dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya di Program Studi Seni Musik Jurusan PSDTM FBS UNNES] Microsoft Word (Pembelajaran PIIP Piano dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya di Program Studi Seni Musik Jurusan PSDTM FBS UNNES) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Proses pembelajaran PIIP Piano dapat diterapkan menggunakan metode yang bervariasi contohnya demonstrasi, ceramah, praktik dan lain-lain. Materi yang diberikan oleh dosen PIIP Piano tidak selalu menggunakan lagu-lagu klasik dalam membelajarkan mahasiswanya, sesekali dosen PIIP Piano memberikan materi berupa lagu-lagu yang sudah popular dan banyak diketahui oleh mahasiswanya. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran PIIP Piano dan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pembelajaran PIIP Piano . Tujuan yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan pembelajaran PIIP Piano. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menguraikan mengenai pembelajaran PIIP Piano dan faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan triangulasi sumber penulis melakukan perbandingan dan pengecekan baik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh pada waktu dan alat yang berbeda. Analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran PIIP Piano tidak terlepas dari strategi yang digunakan oleh dosen saat pembelajaran. Selain itu sarana pendukung juga sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran PIIP Piano. Proses pembelajaran PIIP Piano terdiri dari 3 tahapan: (1) tahap persiapan pembelajaran, (2) tahapan pelaksanaan pembelajaran, dan (3) tahap pemberian tugas. Faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran PIIP Piano terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mendukung pembelajaran PIIP Piano: (1) berasal dari mahasiswa yang meliputi (a) kecerdasan, (b) motivasi, (c) minat yang baik, (d) sikap yang baik, dan (e) bakat. (2) sarana prasarana dan (3) dosen yang profesional. Sedangkan faktor eksternal yang mendukung meliputi: (1) UNNES, (2) keluarga, dan (3)masyarakat. Faktor penghambat yang ditemukan yaitu dari diri mahasiswa, dosen, dan sarana pendukung. Saran yang dapat penulis berikan adalah antara lain kepada Jurusan PSDTM agar lebih meningkatkan sarana penunjang pembelajaran PIIP Piano yaitu berupa alat musik piano yang memadai. Masing-masing mahasiswa yang mengikuti perkuliahan PIIP Piano diharapkan mempunyai piano sendiri-sendiri. Alangkah baiknya setiap tahun diadakan sebuah acara recital piano yang pemainnya yaitu seluruh mahasiswa PIIP Piano.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, strategi pembelajaran, piano, dan perkuliahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Sep 2012 01:50
Last Modified: 13 Sep 2012 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item View Item