Pengaruh firm size, profitabilitas dan risiko bisnis Terhadap struktur modall.


Setya Adhy Nugraha, 7250406011 (2012) Pengaruh firm size, profitabilitas dan risiko bisnis Terhadap struktur modall. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Pengaruh firm size, profitabilitas dan risiko bisnis Terhadap struktur modall.] Microsoft Word (. Pengaruh firm size, profitabilitas dan risiko bisnis Terhadap struktur modall.) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Salah satu keputusan penting yang dihadapi manajer keuangan dalam kaitannya dengan kelangsungan operasi perusahaan adalah keputusan pendanaan atau struktur modal. Struktur modal dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya ukuran perusahaan, profitabilitas dan risiko bisnis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Risiko Bisnis berpengaruh terhadap struktur modal baik secara simultan ataupun parsial. Populsi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2007-2009. Sample penelitian berjumlah 76 perusahaan yang ditentukan dengan Purposive Sampling. Variable penelitian ini terdiri dari variable bebas meliputi firm size, profitabilitas serta risiko bisnis dan variable terikatnya adalah struktur modal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Dalam Penelitian yang dilakukan pada perusahaan manufaktur yang go publik di BEI menunjukkan bahwa selama periode penelitian secara parsial hanya variable firm size yang berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan variable profitabilitas dan risiko bisnis tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Analisis regresi secara simultan menunjukkan firrm size, profitabilitas dan risiko bisnis secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi secara simultan menunjukkan firm size, profitabilitas dan risiko bisnis secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, sedangkan secara parsial hanya variable firm size yang berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk menambah variable pada penelitian berikutnya dan periode penelitian agar lebih panjang agar memberikan gambaran yang lebih nyata tentang perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Firm Size, Profitabilitas dan Risiko Bisnis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 08:25
Last Modified: 12 Sep 2012 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15340

Actions (login required)

View Item View Item