Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan Media Pembelajaran berbasis Swishmax Kompetensi Dasar Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Tahun Ajaran 2011/2012


Tri Styoningsih,, 7101408244 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan Media Pembelajaran berbasis Swishmax Kompetensi Dasar Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan Media Pembelajaran berbasis Swishmax Kompetensi Dasar Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Tahun Ajaran 2011/2] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan Media Pembelajaran berbasis Swishmax Kompetensi Dasar Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tayu Tahun Ajaran 2011/2) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Observasi awal di SMA N 1 Tayu diketahui bahwa hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS masih tergolong rendah dengan rata-rata ketidaktuntasan siswa mencapai 59,37% (76 siswa) dari 128 siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran NHT berbantuan media berbasis Swishmax dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dapat menghasilkan nilai lebih tinggi dalam pembelajaran akuntansi kompetensi dasar jurnal penutup dan jurnal pembalik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah belajar. Pembelajaran NHT adalah pembelajaran yang menuntut keterlibatan siswa secara menyeluruh dalam menelaah dan memahami materi pelajaran. Media berbasis Swishmax adalah media pembelajaran yang berbasisanimasi flash 2D yang memiliki tampilan lengkap dan indah gabungan dari teks, gambar, dan suara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tayu berjumlah 144 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling, didapat kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, dan observasi. Pengujian hipotesis (Ha) 1 menggunakan uji paired sample T Test, (Ha) 2 menggunakan uji independent sample T Test. Berdasarkan uji tahap akhir, diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Pengujian (Ha) 1 menggunakan uji paired sample T Test diperoleh Sig.(2-tailed) 0.00 < 0.05 artinya ada perbedaan rata-rata nilai tes antara sebelum dan sesudah treatment, terjadi peningkatan di kelas eksperimen. Pengujian (Ha) 2 menggunakan uji independent sample T Test diperoleh Sig.(2 tailed) 0.00 < 0.05 artinya ada perbedaan nilai rata-rata yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berbantuan media pembelajaran berbasis Swishmax dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan dapat menghasilkan nilai yang lebih tinggi. Oleh karena itu, guru akuntansi disarankan untuk menerapkan model pembelajaran dan media berbasis Swishmax, khususnya dalam kompetensi dasar jurnal penutup dan jurnal pembalik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, model pembelajaran NHT, media pembelajaran berbasis Swishmax, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 08:16
Last Modified: 12 Sep 2012 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item View Item