Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012


Musyarofah Tul Hasanah, 3101408066 (2012) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Perolehan aspek-aspek perubahan perilaku tersebut tergantung pada apa yang dipelajari oleh pembelajar. Faktor- faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah karena faktor intern dan faktor ekstern. Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) untuk mengetahui hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan Tegal, (2) untuk mengetahui pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru Madrasah Aliyah Negeri Babakan Tegal, (3) untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1, IPS 2, IPS 5 berjumlah 110 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari pengelolaan kelas dan hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan metode analisis statistik yaitu uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji linieritas; dan uji hipotesis statistik. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukan bahwa variabel pengelolaan kelas termasuk pada kriteria baik dengan persentase sebesar 71% sedangkan variabel hasil belajar pada mata pelajaran sejarah dari deskripsi data diperoleh rata-rata sebesar 75,16 dan termasuk dalam kriteria tuntas berdasarkan nilai KKM yang ditentukan yaitu 70. Berdasarkan analisis data yang menggunakan persamaan regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 0,853 + 11,938 dan uji keberartian persamaan regeresi dengan uji F diperoleh Fhitung = 76,81 > Ftabel = 3,955, hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Babakan Kabupaten Tegal. Saran yang dapat peneliti berikan bagi guru bidang studi, diharapkan meningkatkan sikap tanggap dengan mengenali setiap kemampuan siswanya. Bagi siswa diharuskan untuk lebih giat belajar dengan sering membaca buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran atau buku-buku lain agar mendapat prestasi yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas dan hasil belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 02:13
Last Modified: 12 Sep 2012 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item View Item