Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Ngawen Pada Mata Pelajaran Sejarah Dalam Materi Pembelajaran Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada tahun ajaran 2011/2012


Adhimas Pamungkas, 3101407056 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Ngawen Pada Mata Pelajaran Sejarah Dalam Materi Pembelajaran Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada tahun ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Ngawen Pada Mata Pelajaran Sejarah Dalam Materi Pembelajaran Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada tahun ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Ngawen Pada Mata Pelajaran Sejarah Dalam Materi Pembelajaran Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture pada tahun ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Sejarah di kelas VIII C SMP N 1 Ngawen kurang maksimal. Siswa kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dan masih didominasi oleh guru. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal masih rendah dan belum mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP N 1 Ngawen? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP N 1 Ngawen tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP N 1 Ngawen yang berjumlah 39 siswa. Data tentang hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Data tentang keaktifan siswa dan kinerja guru diperoleh dari lembar observasi. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila nilai tes mata pelajaran sejarah ≥70, dengan persentase ketuntasan klasikal belajar ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP N 1 Ngawen tahun ajaran 2011/2012. Siklus I keaktifan siswa mencapai 70% dengan kategori cukup aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82,5% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan, sebelum penelitian nilai rata-rata kelas hanya sebesar 61,55 dengan ketuntasan klasikal sebesar 12,82%. Siklus I nilai rata-rata mencapai 70,26 dengan ketuntasan klasikal 69,23%. Selanjutnya, siklus II nilai rata-rata juga mengalami peningkatan sebesar 76,46 dengan ketuntasan klasikal mencapai 82,05%. Pada siklus II terjadi peningkatan dan sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar klasikal 75%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sejarah, Model Pembelajaran, Picture and Picture
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:42
Last Modified: 12 Sep 2012 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15284

Actions (login required)

View Item View Item