MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (Role Playing) POKOK BAHASAN JURNAL UMUM PADA SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011


Ika Chandrawati , 7101406554 (2011) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (Role Playing) POKOK BAHASAN JURNAL UMUM PADA SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (Role Playing) POKOK BAHASAN JURNAL UMUM PADA SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011] PDF (MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI METODE BERMAIN PERAN (Role Playing) POKOK BAHASAN JURNAL UMUM PADA SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (821kB)

Abstract

Dalam pembelajaran metode bermain peran (Role Playing), interaksi sosial menjadi salah satu faktor penting bagi perkembangan skema mental yang baru. Dimana dalam pembelajaran ini siswa ikut berperan aktif dan dapat mengetahui secara langsung bagaimana proses dari suatu kegiatan dalam bidang akuntansi, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa untuk memecahkan persoalan berfikir kritis dan melakukan observasi serta menarik kesimpulan dalam kehidupan jangka panjangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran metode bermain peran (Role Playing) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI IPS SMA Islam Karangrayung tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah dua kelas, dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode bermain peran (Role Playing) dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian sebelum treatment menunjukkan nilai pada waktu pre test rata-rata 66,50 sedangkan pada waktu post tes 76,17. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran metode bermain peran (Role Playing). 2) hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran bermain peran (Role Playing) menujukkan hasil yang positif, terlihat dari peningkatan signifikan dari segi aktivitas dan hasil pembelajaran. Pada hasil keaktifan diketahui bahwa nilai rata-rata pada waktu pre tes sebesar 13,40. Sedangkan nilai rata-rata pada waktu post tes sebesar 12,47. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi guru bidang studi akuntansi SMA Islam Karangrayung dianjurkan menggunakan metode bermain peran (Role Playing) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa; (2) Siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum pelaksanaan kegiatan belajar di kelas, sehingga akan memudahkan guru dalam memulai pelajaran, hal ini juga dapat menghemat waktu; (3) Bagi peneliti berikutnya, disarankan untuk melakukan penelitian tentang metode bermain peran (Role Playing) pada pengajaran bidang studi lainnya dan di tempat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hasil Belajar, dan Pembelajaran Metode bermain peran (Role Playing)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2011 00:59
Last Modified: 25 Apr 2015 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item