Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Secvice Engine dan Komponen-Komponennya (Engine Tune-up)


M. Lutfi Zaeni Fuad, 5201408093 (2012) Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Secvice Engine dan Komponen-Komponennya (Engine Tune-up). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Secvice Engine dan Komponen-Komponennya (Engine Tune-up)] Microsoft Word (Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Secvice Engine dan Komponen-Komponennya (Engine Tune-up)) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Selama ini hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Tengaran kelas XI pada Kompetensi Dasar Service Engine dan Komponen-Komponennya belum tuntas yaitu memiliki angka 70,75, sedangkan minimal angka pencapaian hasil ketuntasan nilai belajar siswa adalah 75. Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa salah satu diantaranya kurangnya media yang memadai sebagai sarana pembelajaran. Media Film adalah cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan penggunaan mesin-mesin mekanis dan elektronik yang menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan hasil pembelajaran siswa setelah menggunakan media Film, terhadap penguasaan materi Kompetensi Dasar Service Engine dan Komponen-Komponennya (Engine Tune-up) program keahlian teknik kendaraan ringan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR, terdapat tiga kelas untuk yang mengambil jurusan TKR dan jumlah populasinya sebanyak 114 siswa. Sampel yang digunakan adalah 37 siswa kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas XI TKR 2 sebagai kelas control. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai 47,05 dan setelah diberikan media ceramah biasa meningkat menjadi 74,03, sehingga pada kelas kontrol setelah diberikan metode ceramah biasa mengalami peningkatan rata-rata mencapai 26,98 dan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar pada tes pre-test mencapai 47,51 dan setelah diberikan media ceramah disertai film meningkat menjadi 80,22, sehingga pada kelas eksperimen setelah diberikan metode ceramah disertai film mengalami peningkatan rata-rata mencapai 32,71 lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya mencapai 26,98. Berdasarkan hasil uji t nilai post-test kompetensi dasar service engine dan komponen-komponennya (engine tune-up) ternyata ada peningkatan hasil belajar service engine dan komponen-komponennya (engine tune-up) setelah menggunakan media film sebagai media pembelajaran. Kepada para pengajar disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran dengan media film karena terbukti melalui penggunaan media film dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar service engine dan komponen-komponennya (engine tune-up) siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media film, service engine dan komponen- komponennya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 01:00
Last Modified: 12 Sep 2012 01:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15266

Actions (login required)

View Item View Item