Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Cognitive Growth dengan Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII


Aprilia Nurul Chasanah, 4101408195 (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Cognitive Growth dengan Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Cognitive Growth dengan Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII] Microsoft Word (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Cognitive Growth dengan Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII yang valid dan mengetahui implementasi perangkat pembelajaran matematika meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang efektif dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun model pengembangan perangkat yang akan digunakan pada penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Plomp (1997). Pengembangan perangkat ini terdiri dari lima tahapan yaitu tahap investigasi awal (preliminary investigation), tahap perancangan (design), tahap realisasi/konstruksi (realization/construction), tahap pengujian,evaluasi, revisi (test, evaluation, revision) dan implementasi (implementation), tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai tahapkeempat.Perangkat yang dikembangkan kemudian divalidasi ahli dan diujicobakan. Model pembelajaran yang digunakan adalah model cognitive growth. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Magelang kelas VIII sebanyak 33 siswa. Hasil pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Kriteria valid ditunjukkan darirata-rata hasil validasi ahli(Va) masing-masing perangkat yaitu Va silabus = 3,07, Va RPP = 3,67, VaLKS = 3,78, Va LTS = 3,58, Va SBA = 3,63, dan Va TKBK = 3. Untuk kriteria praktis ditunjukkan dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran (P) = 3,99 dengan kategori baik. Sedangkan kriteria efektif ditunjukkanberdasarkan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika siswa baikdan lebih dari 50% siswa memberikan respon positif terhadap semua aspek yang ditanyakan dan guru memberikan respon positif terhadap keseluruhan perangkat pembelajaran. Simpulan dalam penelitian ini adalah dihasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan implementasi perangkat pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII yang efektif dan praktis.Saran yang diberikan peneliti yaitupenelitian ini menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis maka perangkat pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai salah satu referensi guru untuk mengajarkan materi bangun ruang sisi dataruntuk kelas VIII SMP dan perangkat pembelajaran yang dihasilkan ini baru sampai pada tahap pengembangan, belum diimplementasikan, disarankan untuk mengimplementasikan perangkat pembelajaran ini pada ruang lingkup yang lebih luas dan di sekolah yang beragam baik negeri maupun swasta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, model cognitive growth, pengembangan perangkat pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 00:42
Last Modified: 12 Sep 2012 00:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15253

Actions (login required)

View Item View Item