Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes Melalui Permainan Sepakbola Mini Satu Gawang Bagi Siswa Kelas V SD N Soka Kabupaten Batang
Mukti Ali, 6102909047 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes Melalui Permainan Sepakbola Mini Satu Gawang Bagi Siswa Kelas V SD N Soka Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes Melalui Permainan Sepakbola Mini Satu Gawang Bagi Siswa Kelas V SD N Soka Kabupaten Batang)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana bentuk pengembangan permainan sepakbola dengan menggunakan satu gawang di area persawahan yang sesuai dengan karakteristik siswa Sekolah Dasar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola mini satu gawang bagi siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan sepakbola mini satu gawang), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama. Revisi produk berdasarkan basil dan evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir modifikasi model permainan sepakbola mini satu gawang untuk siswa kelas V SD Negeri Soka yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli Pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa putra-putri Kelas V SD Negeri Soka), dan uji lapangan ( 30 siswa KelasV SD Negeri Soka). Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektik siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 88 % (baik), ahli Pembelajaran I 82,67 % (baik), ahli Permbelajaran II 85,33 % (baik), uji coba kelompok kecil 73.33 % (baik), dan uji lapangan 76.66 % ( baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola mini satu gawang ini dapat digunakan bagi siswa kelas V SD Negeri Soka Kecamatan Bawang KabupatenBatang Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes SD untuk menggunakan produk model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola mini satu gawang ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Penjasorkes,Sepakbola |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 04:01 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 04:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15242 |
Actions (login required)
View Item |