Pengembangan Model Pembelajaran Modifikasi Permainan Bola Tangan di Pasir Pantai Dalam Penjasorkes pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang


Amir Fatah., 6102909023 (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Modifikasi Permainan Bola Tangan di Pasir Pantai Dalam Penjasorkes pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Modifikasi Permainan Bola Tangan di Pasir Pantai Dalam Penjasorkes pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang] Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Modifikasi Permainan Bola Tangan di Pasir Pantai Dalam Penjasorkes pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah model pembelajaran modifikasi permainan bola tangan di pasir pantai dalam penjasorkes pada siswa kelas V SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah model pembelajaran modifikasi permainan bola tangan di pasir pantai dalam penjasorkes pada siswa kelas V SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Model pengembangan yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran modifikasi permainan bola tangan di pasir pantai. Ujicoba kelompok kecil dilaksanakan pada siswa kelas V A SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 12 anak. Ujicoba dilaksanakan di pasir pantai. Ujicoba kelompok besar dilaksanakan pada siswa kelas V B SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 anak. Ujicoba dilaksanakan di pasir pantai. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes modifikasi permainan bola tangan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan melempar bola putra dengan kategori baik sekali 91,67% dan kategori baik 8,33%, keterampilan melempar bola putri dengan kategori baik sekali 83,33% dan kategori baik 16,67%, keterampilan menangkap bola putra dengan kategori baik sekali adalah 87,50% dan kategori baik adalah 12,50%, keterampilan menangkap bola putri dengan kategori baik sekali 91,67% dan kategori baik 8,33%. Dengan demikian keterampilan melempar dan menangkap bola pada permainan bola tangan siswa kelas V B SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 termasuk dalam kategori baik sekali. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa keterampilan melempar dan menangkap bola dalam permainan bola tangan siswa kelas V SD Negeri 03 Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011” untuk kategori “Baik Sekali” ada 32 anak atau sejumlah 88,89%, dan untuk kategori “Baik” ada 4 anak atau sejumlah 11,11% dari total keseluruhan siswa yang berjumlah 36 anak. Saran dalam penelitian ini 1) Bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD se-Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang, hendaknya mengetahui teori tentang model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar, dan dapat memberikan tuntunan dalam mempraktekkan, membiasakan hidup sehat serta membiasakan sikap gerakan tubuh yang baik; 2) Bagi orang tua hendaknya mempertimbangkan pertumbuhan /perkembangan anaknya, sehingga dapat mengarahkan anak untuk memiliki keterampilan gerak tertentu khusus dalam bidang olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Modifikasi Permainan Bola Tangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Sep 2012 03:25
Last Modified: 11 Sep 2012 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15236

Actions (login required)

View Item View Item