Motivasi Remaja Menjadi Anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2011


Nur Cahyo Dwi Atmojo, 6101406547 (2012) Motivasi Remaja Menjadi Anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Motivasi Remaja Menjadi Anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2011] Microsoft Word (Motivasi Remaja Menjadi Anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2011) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Motivasi merupakan sumber penggerak dan pendorong tingkah laku idividu memenuhi kebutuhan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya motivasi yang kuat menjadikan seseorang akan melakukan aktivitas itu dengan sungguh-sungguh dan hasilnya akan lebih baik. Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi adalah perguruan yang mencetak atlet-atlet untuk berkiprah baik ditingkat lokal, daerah, nasional bahkan internasional perguruan ini berada dibawah perserikatan putra Muhammadiyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa motivasi intrinsik dan ekstrinsik remaja di kecamatan wanadadi menjadi anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi kabupaten banjaregara, berdasarkan hal tersebut penulis tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi remaja di kecamatan wanadadi menjadi anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi Di Kabupaten Banjarnegara. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja di kecamatan wanadadi kabpaten banjaregara yang berjumlah 103 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik total sampling, yaitu mengikut sertakan seluruh populasi remaja di kecamatan waadadi kabupaten banarnegara yang berjumah 103 orang sebagai sampel penelitian. Variabel yang dikaji ala penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu motivasi remaja menjadi anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi dan angket. Sedangkan unuk menganalisis data penelitian menggunakan teknik statistik deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui motivasi intrinsik remaja di kecamata wanadadi kabupaten banjarnegara menjadi anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi 33,98% dalam kategori sangat tinggi, 63,11% dalam kategri tinggi dan 2,91% dalam ategori cukup. Sedangkan motivasi ekstrinsik remaja di kecamatan wanadadi kabupaten banjarnegara menjadi anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi 25,24% dalam kategori sangat tinggi, 68,93% dalam kategori tinggi dan 5,83% dalam kategori cukup. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik remaja di kecamatan wanadadi kabupaten banjarnegara menjadi anggota Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Wanadadi sudah tinggi, oleh karena itu dapat diajukan saran antara lain: 1) Perlu adanya motivasi dri orang tua untuk menumbuhan minat para anak remaja di kecamatan wanadadi untuk menjadi anggota perguruan pencak silat tapak suci wanadadi di kabupaten banjarnegara, dan 2) Motivasi anak harus selalu dijaga jangan sampai kecewa artinya anak betul-betul mendapatkan apa yang mereka inginkan setelah menjadi anggota perguruan pencak silat tapak suci wanadadi kabupaten banjarnegara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pencak Silat
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Sep 2012 02:42
Last Modified: 11 Sep 2012 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15225

Actions (login required)

View Item View Item