Perbedaan Latihan Drill Voli dalam Tenis dengan Metode Terus Menerus dan Bergantian Terhadap Kemampuan Voli Pada Mahasiswa Putra Peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012
Yesi Widhi Hartanti, 6301408165 (2012) Perbedaan Latihan Drill Voli dalam Tenis dengan Metode Terus Menerus dan Bergantian Terhadap Kemampuan Voli Pada Mahasiswa Putra Peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Perbedaan Latihan Drill Voli dalam Tenis dengan Metode Terus Menerus dan Bergantian Terhadap Kemampuan Voli Pada Mahasiswa Putra Peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012)
- Published Version
Download (34kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah 1) apakah ada perbedaan latihan drill voli dalam tenis dengan metode terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan voli pada mahasiswa putra peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012? 2) jika ditemukan perbedaan, manakah yang lebih baik latihan drill voli dalam tenis dengan metode terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan voli pada mahasiswa putra peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) ada dan tidaknya perbedaan latihan drill voli dalam tenis dengan metode terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan voli pada mahasiswa putra peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012 2)Metode latihan voli yang lebih baik antara metode terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan voli pada mahasiswa putra peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan pola M-S. Populasi penelitian peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012 berjumlah 23 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini 20 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah latihan terus menerus dan bergantian sedangkan variabel terikat adalah kemampuan voli. Instrumen tes menggunakan Timner Tennis Skill Test. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik tes. Metode analisis data menggunakan t-test rumus pendek. Hasil penelitian dengan db=9 dan taraf signifikansi 5% diketahui thitung sebesar 2,57 dengan N=10 diketahui ttabel sebesar 2,26 berarti thitung> ttabel atau 2,57 > 2,26 berarti 1) ada perbedaan hasil latihan menggunakan metode terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan voli pada mahasiswa putra peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012 2) hasil uji beda mean diketahui Me > Mk atau 51,60 > 44,90 berarti metode latihan terus menerus lebih baik daripada metode latihan bergantian terhadap kemampuan voli pada mahasiswa putra peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012. Simpulan penelitian adalah 1) ada perbedaan hasil latihan drill voli dalam tenis dengan metode terus menerus dan bergantian terhadap kemampuan voli, 2) metode latihan terus menerus lebih baik dari pada metode latihan bergantian terhadap kemampuan voli pada mahasiswa putra peserta IKK Tenis Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2012. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah hendaknya pelatih memberikan latihan terus menerus untuk meningkatkan kemampuan voli petenis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education O Sport > Education, Training, Research O Sport > Physical fitness |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 11 Sep 2012 02:15 |
Last Modified: | 11 Sep 2012 02:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15224 |
Actions (login required)
View Item |