Kinerja Guru Penjasorkes di Madrasah Tsanawiyah di Wilayah Pemalang Utara Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011


Akhmad Budi Mukhaeri, 6101406106 (2012) Kinerja Guru Penjasorkes di Madrasah Tsanawiyah di Wilayah Pemalang Utara Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kinerja Guru Penjasorkes di Madrasah Tsanawiyah di Wilayah Pemalang Utara Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011] Microsoft Word (Kinerja Guru Penjasorkes di Madrasah Tsanawiyah di Wilayah Pemalang Utara Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan peran seorang guru sangatlah penting. Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah atau madrasah tidak lepas dari kinerja seorang guru dalam profesinya sebagai guru. Yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru penjasorkes MTs di wilayah Pemalang Utara Kabupaten Pemalang tahun 2010/2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru penjasorkes di Madrasah Tsanawiyah di wilayah Pemalang Utara Kabupaten Pemalang tahun 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes, kepala madrasah/bagian kurikulum, guru non penjasorkes dan siswa. Objek penelitian ini berdasarkan perumusan masalah adalah aspek kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dalam pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah mempersiapkan instrumen penelitian serta menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja guru penjasorkes MTs di wilayah Pemalang Utara Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010 / 2011 adalah kurang baik. Ditinjau dari aspek kompetensi kepribadian baik dilihat dari sikap yang arif dan bijaksana, dewasa, berwibawa serta akhlak yang mulia. Aspek kompetensi pedagogik cukup baik dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran serta pemahaman terhadap anak didik. Aspek kompetensi profesional kurang baik ditinjau dari kurangnya penguasaan bidang studi serta kompetensi sosial yang baik. Simpulan dari penelitian ini adalah kinerja guru penjasorkes MTs di wilayah Pemalang Utara Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010 / 2011 adalah cukup baik. Ditinjau dari kompetensi kepribadian yang menunjukkan baik, kompetensi pedagogik yang menunjukkan cukup baik, kompetensi profesional yang menunjukkan kurang baik dan kompetensi sosial yang menunjukkan baik. Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang kurang optimal tentu berpengaruh terhadap proses kegiatan pembelajaran penjasorkes yang berlangsung di madrasah. Adapun beberapa saran antara lain guru penjasorkes meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang sudah dimiliki dan menyadari penting kinerjanya bagi siswa maupun bagi sekolah / madrasah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru Penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Sep 2012 02:09
Last Modified: 11 Sep 2012 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item View Item