Pembinaan Prestasi Olahraga Panjat Tebing se-Kabupaten Banyumas Tahun 2011


Astria Senja Puspita Dewi, 6101406072 (2012) Pembinaan Prestasi Olahraga Panjat Tebing se-Kabupaten Banyumas Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembinaan Prestasi Olahraga Panjat Tebing se-Kabupaten Banyumas Tahun 2011] Microsoft Word (Pembinaan Prestasi Olahraga Panjat Tebing se-Kabupaten Banyumas Tahun 2011) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Latar belakang penyusunan skripsi ini adalah prestasi panjat tebing di Kabupaten Banyumas sangat gemilang tetapi keberdaan klub yang ada jumlahnya sangat sedikit sehingga terjadi ketidakseimbangan antara jumlah atlet senior dan junior. Fokus masalah adalah bagaimana pola pembinaan prestasi olahraga panjat tebing se-Kabupaten Banyumas tahun 2011. Tujuan penelitian untuk mengetahui: kepengurusan pengcab dan klub panjat tebing di Kabupaten Banyumas, pembinaan prestasi olahraga panjat tebing di klub se-Kabupaten Banyumas, program latihan panjat tebing se-Kabupaten Banyumas, sarana dan prasarana yang dimiliki dalam menunjang program pembinaan prestasi olahraga panjat tebing di Kabupaten Banyumas, pendapatan dana untuk pengcab dan klub, dan mengetahui dukungan terhadap atlet dalam proses pembinaan panjat tebing se-Kabupaten Banyumas dan prestasi panjat tebing di Kabupaten Banyumas. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam upaya memperoleh data yang diperlukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden yang digunakan berjumlah 32 orang, meliputi: Ketua Pengcab FPTI Kabupaten Banyumas, ketua klub panjat tebing, sekertaris, bendahara, bidang pembinaan prestasi, bidang kepelatihan, bidang perlengkapan, pelatih, atlet,dan orangtua atlet. Hasil penelitian, bahwa Kabupaten Banyumas merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang telah melaksanakan pembinaan dengan baik di klub panjat tebing khusuknya klub Target, Vertival dan Diloka, dilihat dari pengelolaan keorganisasian yang bersistem kekeluargaan, dengan memperhatikan aspek-aspek pembinaan dalam prosesnya dengan kaidah-kaidah pelatihan telah dilaksanakan dengan memperhatikan aspek teknik, fisik, taktik, strategi dan psikologi para atletnya dalam proses pelatihan, tetapi pada proses perekrutan atlet yang terjadi tidak berjalan sesuai dengan standar sehingga kemampuan atlet senior dan junior terlalu jauh berbeda. Pada tahun 2011, Kabupaten Banyumas secara keseluruhan mencapai prestasi yang bagus. Simpulan, pembinaan prestasi olahraga panjat tebing se-Kabupaten Banyumas sudah dilaksanakan dengan cukup baik dilihat dari kesesuaian antara pola pembinaan yang dilakukan dengan teori pembinaan olahraga. Saran, manejemen dan sistem kepelatihan merupakan peran penting dalam pembinaan prestasi, oleh karena itu perlu adanya peningkatan sumber daya manusia baik dari pelatih sampai dengan kepengurusan manejemen untuk meningkatkan kualitas pembinaan menuju prestasi maksimal dan perekrutan atlet hendaknya sesuai dengan SOP sehingga kemampuan atlet junior tidak terlalu jauh berbeda dengan atlet senior.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi Olahraga, Panjat Tebing
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Sep 2012 02:06
Last Modified: 11 Sep 2012 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15220

Actions (login required)

View Item View Item