Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Modelling The Way pada Pokok Bahasan Langkah Penyimpanan dan Penemuan Kembali Arsip Kelas XI AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus


Ummi Fadlilatin, 7101408306 (2012) Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Modelling The Way pada Pokok Bahasan Langkah Penyimpanan dan Penemuan Kembali Arsip Kelas XI AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Modelling The Way pada Pokok Bahasan Langkah Penyimpanan dan Penemuan Kembali Arsip Kelas XI AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus] Microsoft Word (Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Modelling The Way pada Pokok Bahasan Langkah Penyimpanan dan Penemuan Kembali Arsip Kelas XI AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Siswa dikatakan belajar dengan aktif jika mereka mendominasi aktivitas pembelajaran, namun di lapangan berdasarkan observasi yang telah dilakukan keaktifan siswa cenderung masih rendah. Untuk itu perlu strategi yang dapat menumbuhkan aktivitas siswa. Salah satunya adalah strategi Modelling The Way. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, apakah penerapan strategi Modelling The Way dapat meningkatkan keaktifan siswa dan adakah pengaruh antara keaktifan siswa terhadap hasil belajarnya pada pokok bahasan Langkah Penyimpanan dan Penemuan Kembali Arsip kelas XI AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus? Tujuannya untuk mengetahui apakah penerapan strategi Modelling The Way dapat meningkatkan keaktifan siswa dan untuk mengetahui adakah pengaruh antara keaktifan siswa terhadap hasil belajarnya pada pokok bahasan Langkah Penyimpanan dan Penemuan Kembali Arsip kelas XI AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjeknya adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru, sedangkan objeknya adalah siswa kelas XI AP 1 SMK PGRI Mejobo Kudus tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari instrumen lembar observasi untuk siswa dan guru, kuesioner dan lembar kerja praktik atau job sheet. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis data penelitian menerangkan bahwa dengan penerapan strategi Modelling The Way keaktifan siswa tiap siklus mengalami peningkatan. Yaitu dari siklus I ke siklus II ada peningkatan keaktifan siswa sebesar 11,42%, sedangkan dari siklus II ke siklus III ada peningkatan keaktifan siswa sebesar 6,16%. Setelah dilakukan analisis regresi antara keaktifan siswa (X) dan hasil belajar (Y) diperoleh Fhitung sebesar 6,209 dengan nilai signifikansi 0,017 < 0,05. Simpulan penelitian ini yaitu melalui penerapan strategi Modelling The Way dapat meningkatkan keaktifan siswa dan ada pengaruh antara keaktifan siswa terhadap hasil belajarnya pada pokok bahasan Langkah Penyimpanan dan Penemuan Kembali Arsip kelas XI AP 1 SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Saran bagi guru diharapkan ada pelatihan penggunaan strategi Modelling The Way, sekolah hendaknya mengadakan fasilitas praktik kearsipan dan menambah alokasi jam pelajaran kearsipan. Bagi siswa disarankan untuk lebih memperhatikan guru, lebih aktif bertanya, dan mengeluarkan pendapat atau saran. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa pada pokok bahasan lain dengan menerapkan strategi Modelling The Way ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keaktifan Siswa, dan Strategi Modelling The Way
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Sep 2012 01:58
Last Modified: 11 Sep 2012 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15218

Actions (login required)

View Item View Item