Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas X AP di SMK N I Pati


Titik Indrawati, 7101408265 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas X AP di SMK N I Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas X AP di SMK N I Pati] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Siswa Kelas X AP di SMK N I Pati) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang masih menjadi kendala di SMK Negeri I Pati adalah siswa kurang aktif, siswa hanya fokus pada guru. sehingga siswa menjadi bosan dan pasif, guru masih menggunakan metode konvensional, dan masih kurang dalam pengembangan variasi mengajar. Berdasarkan observasi awal di SMK Negeri 1 Pati kelas X AP 2, diperoleh data bahwa kriteria ketuntasan minimal adalah 7,8 masih sebanyak 63% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal tersebut. Hal tersebut perlu adanya pengembangan variasi metode mengajar dalam perbaikan proses pembelajaran, salah satu alternatifnya dengan menerapkan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 2 SMK N 1 Pati tahun ajaran 2011/2012. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 73 dengan ketuntasan klasikal 60% dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II sebesar 85 dengan ketuntasan klasikal 89%. Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 58% sedangkan pada siklus II sebesar 78%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 71,87% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,50%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 23% pada siklus I dan meningkat 29% pada siklus II. Saran yang berkaitan sengan hasil penelitian adalah guru dapat menggunakan model pembelajaran TGT sebagai variasi dalam mengajar, namun guru harus dapat mengoptimalkan waktu. Guru hendaknya lebih memusatkan perhatian pada semua kelompok dan siswa hendaknya sportif dalam mengerjakan tugas saat pelaksanaan pembelajaran TGT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Sep 2012 01:47
Last Modified: 11 Sep 2012 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15214

Actions (login required)

View Item View Item