Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK PGRI Batang Tahun Pelajaran 2011/2012


Ramadhan Aprinda Yunanto, 7101407275 (2012) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK PGRI Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK PGRI Batang Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK PGRI Batang Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan penilaian terhadap hasil belajar seorang siswa dalam rangka untuk mengetahui keberhasilan anak didik dalam mencapai tujuan belajar. prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun faktor eksternal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK PGRI Batang tahun 2011/2012 baik secara simultan maupun secara parsial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi siswa baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI akuntansi di SMK PGRI Batang tahun 2011/2012 sebanyak 137 siswa. Sampel diambil menggunakan metode porporsionsl random sampling sebanyak 104 siswa. Variabel yang dikaji adalah prestasi belajar akuntansi, motivasi belajar dan lingkungan keluarga. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil perhitungan besarnya pengaruh secara simultan motivasi belajar dan lingkungan keluarga memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 39,7%.Secara parsial besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akunntansi sebesar 17,56%, sedangkan besarnya pengaruh lingkungan keluarga sebesar 14,89%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI jurusan akuntansi di SMK PGRI Batang tahun pelajaran 2011/2012 baik secara simultan maupun parsial. Saran bagi siswa hendaknya lebih memperhatikan motivasi belajarnya, dengan meningkatkan belajar akuntansi dan mengerjakan latihan soal-soal akuntansi. Bagi guru dan sekolah hendaknya menghimbau orang tua siswa untuk memperhatikan cara orang tua mendidik anak serta sekolah hendaknya menambah buku referensi akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 05:10
Last Modified: 10 Sep 2012 05:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15202

Actions (login required)

View Item View Item