Pengaruh Substitusi Tepung Biji Nangka Terhadap Kualitas Brownies’


Diena Rusydiana, ,, 5401404054 (2012) Pengaruh Substitusi Tepung Biji Nangka Terhadap Kualitas Brownies’. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Substitusi Tepung Biji Nangka Terhadap Kualitas Brownies’] Microsoft Word (Pengaruh Substitusi Tepung Biji Nangka Terhadap Kualitas Brownies’) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Biji nangka merupakan salah satu biji buah nangka yang banyak manfaatnya, diantaranya dapat diolah dengan cara dibakar, direbus, atau digoreng. Kandungan gizinya yang terdapat di dalam biji nangka cukup baik, diantaranya mengandung protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, besi, kalsium, fosfor, dan lemak. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1. Mengetahui pengaruh substitusi tepung biji nangka 10%, 20%, 30% terhadap kualitas brownies dilihat dari aspek warna, rasa, aroma dan tekstur; 2. Mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap brownies yang disubstitusi dengan tepung biji nangka dilihat dari aspek warna, rasa, aroma dan tekstur; 3. Sampel terbaik adalah 987 yaitu brownies substitusi tepung biji nangka dilihat dari aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur; 4. Berdasarkan hasil laboratorium untuk kandungan protein pada brownies substitusi tepung biji nangka yang tertinggi adalah pada sampel 969 (30%) mengandung protein 8,04%. Populasi dalam penelitian ini adalah tepung biji nangka. Teknik yang digunakan adalah teknik random sampling karena sampel yang digunakan sudah homogen. Variabel bebas dalam penelitian adalah banyaknya tepung biji nangka yang digunakan sebagai substituen dalam pembuatan brownies, yaitu 10%, 20%, dan 30% dari jumlah tepung terigu yang digunakan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kualitas brownies substitusi tepung biji nangka dengan indikator warna, rasa, dan tekstur. Metode penelitian yang akan dilaksanakan didalam penelitian adalah metode eksperimen, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varian kalasifikasi tunggal untuk uji inderawi, dan deskriptif kualitatif persentase untuk uji kesukaan atau uji organoleptik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. 1. Ada perbedaan kualitas warna, aroma, rasa, dan tekstur brownies subtitusi tepung biji nangka dengan persentase yang berbeda. 2. Brownies substitusi tepung biji nangka yang disukai responden remaja putri dan remaja putra adalah sampel 987, yang disukai oleh responden ibu-ibu sampel 969, dan yang disukai responden bapak-bapak adalah sampel 828. Sedangkan secara umum sampel yang disukai adalah sampel 828. 3.Sampel terbaiknya adalah sampel 987 yaitu brownies subtitusi tepung biji nangka 10% di lihat dari indikator warna, aroma, rasa, tekstur. 4.Berdasarkan hasil uji laboratorium untuk kandungan protein pada brownies substitusi tepung biji nangka yang tertinggi adalah pada sampel 969 (30%) mengandung protein 8,04%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tepung Biji Nangka dan Brownies
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Sep 2012 02:40
Last Modified: 10 Sep 2012 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item