Pengaruh Self Concept dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pokok Segitiga Peserta Didik SMP Negeri 2 Adiwerna


Sucipah, 4101408144 (2012) Pengaruh Self Concept dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pokok Segitiga Peserta Didik SMP Negeri 2 Adiwerna. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Self Concept dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pokok Segitiga Peserta Didik SMP Negeri 2 Adiwerna] Microsoft Word (Pengaruh Self Concept dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pokok Segitiga Peserta Didik SMP Negeri 2 Adiwerna) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Keberhasilan peserta didik dalam belajar dapat ditentukan oleh faktor psikologis yang ada dalam diri peserta didik dan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Self concept dan motivasi belajar merupakan dua faktor psikologis yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah diyakini dapat meningkatkan self concept dan motivasi belajar peserta didik serta dapat melatih kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self concept terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, serta untuk mengetahui pengaruh self concept dan motivasi belajar peserta didik secara bersama terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Adiwerna sebanyak 347 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga terpilih satu kelompok eksperimen. Sampel yang terdiri dari satu kelompok tersebut diberi perlakuan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan observasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah self concept dan motivasi belajar peserta didik sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh signifikan antara self concept terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik yakni variasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik 54,921% dipengaruhi oleh self concept peserta didik. Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik yakni variasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik 62,49% dipengaruhi oleh motivasi belajar peserta didik. Terdapat pengaruh signifikan antara self concept dan motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yakni variasi kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik 72,28% dipengaruhi oleh skor self concept dan motivasi belajar peserta didik secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: self concept, motivasi belajar, Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 01:17
Last Modified: 10 Sep 2012 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15177

Actions (login required)

View Item View Item