Pengaruh Kenaikan Tarif Dasar Listrik Terhadap Minat Berwirausaha yang Menggunakan Tenaga Listrik


Setya Asdiyanto, , 5301408034 (2012) Pengaruh Kenaikan Tarif Dasar Listrik Terhadap Minat Berwirausaha yang Menggunakan Tenaga Listrik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kenaikan Tarif Dasar Listrik Terhadap Minat Berwirausaha yang Menggunakan Tenaga Listrik] Microsoft Word (Pengaruh Kenaikan Tarif Dasar Listrik Terhadap Minat Berwirausaha yang Menggunakan Tenaga Listrik) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Minat berwirausaha merupakan suatu keinginan untuk memulai suatu usaha. Salah satu faktor kelancaran berwirausaha tentunya tergantung dari tarif listrik yang ditentukan PLN. Dengan tarif listrik yang tidak memberatkan wirausaha akan memudahkan untuk mengembangkan usahanya. Tapi jika TDL mengalami kenaikan tentu saja hal ini akan berimbas besar terhadap usahanya yang bisa saja mengalami penurunan omset penjualan, pengurangan karyawan bahkan sampai gulung tikar. Melihat kenyataan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Pengaruh Kenaikan Tarif Dasar Listrik Terhadap Minat Berwirausaha yang Menggunakan Tenaga Listrik”. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh kenaikan TDL terhadap minat berwirausaha atau minat tetap melanjutkan usahanya yang menggunakan tenaga listrik, yaitu dengan dibagi, besar persentase untuk mengetahui mana yang pengaruhnya lebih besar dari golongan tarif listrik R-1/TR dan golongan tarif listrik B-1/TR terhadap minat berwirausaha yang menggunakan tenaga listrik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua para wirausaha menengah kebawah yang termasuk golongan rumah tangga (R-1/TR) dan golongan bisnis (B-1/TR) yang terdapat di wilayah Kampus UNNES Sekaran Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang dalam radius 1 km. dari Gedung H. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kenaikan tarif dasar listrik sebagai variabel bebas, minat berwirausaha sebagai variabel terikat, dan minat menggunakan tenaga listrik sebagai variabel moderator. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket/ kuesioner dan metode observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisi regresi berganda. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukan tingkat pengetahuan wirausaha dalam kenaikan tarif dasar listrik kategori tinggi, minat berwirausaha kategori sangat tinggi, dan minat menggunakan tenaga lisrik kategori sangat tinggi. Hasil uji interaksi diperoleh 0,394, karena >0,05 maka variabel minat menggunakan tenaga listrik bukanlah merupakan variabel moderator. Hasil uji partial diperoleh thitung variabel kenaikan tarif dasar listrik sebesar 3,934 dengan nilai signifikansi 0,001, karena <0,05 maka ada pengaruh kenaikan tarif dasar listrik terhadap minat berwirausaha yang menggunakan tenaga listrik. Besar persentase keterkaitan pengaruh kenaikan tarif dasar listrik terhadap minat berwirausaha bisa dilihat dari hasil uji koefisien determinasi (r2) yang diperoleh nilai 0,597, jadi (0,597)2 sama dengan 0.356409 atau 35.64%. Saran yang dapat penulis ajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu: Sumbangan besarnya pengaruh subvariabel (R-1/TR dan B-1/TR) dari kenaikan tarif dasar listrik terhadap minat berwirausaha yaitu paling besar adalah subvariabel R-1/TR sebesar 48.44%. Sedangkan B-1/TR hanya 37.82%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tarif Dasar Listrik, Minat Berwirausaha, Tenaga Listrik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 07:52
Last Modified: 07 Sep 2012 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15170

Actions (login required)

View Item View Item