Media Pembelajaran Mata Pelajaran Mengoperasikan Mesin Produksi Dengan Kendali Elektromagnetik Pada SMK.


Riyan Ariyaningrum, , 5301407014 (2012) Media Pembelajaran Mata Pelajaran Mengoperasikan Mesin Produksi Dengan Kendali Elektromagnetik Pada SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Media  Pembelajaran  Mata  Pelajaran  Mengoperasikan  Mesin  Produksi  Dengan  Kendali  Elektromagnetik  Pada  SMK.] Microsoft Word (Media Pembelajaran Mata Pelajaran Mengoperasikan Mesin Produksi Dengan Kendali Elektromagnetik Pada SMK.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan suatu metode pembelajaran dapat dihadirkan dengan menggunakan alat peraga pembelajaran atau dengan media pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sekarang ini dapat dikembangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer sebagai media pembelajaran. Dalam penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat dan menguji Media Pembelajaran Mata Pelajaran Mengoperasikan Mesin Produksi Dengan Kendali Elektromagnetik Pada SMK. Macromedia flash 8 dipilih sebagai media pembelajaran dikarenakan program flash 8 memiliki enam kelebihan yaitu 1) Flash merupakan teknologi animasi web yang paling populer sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak, 2) Ukuran file yang relatif kecil dengan kualitas yang cukup baik, 3) Kebutuhan hardware yang tidak tinggi sehingga bisa masuk ke komputer pribadi, 4) Dapat digunakan untuk membuat website, CD Interaktif, Animasi kartun, Kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi interaksi, permaianan, dan aplikasi di handphone, 5) Flash dapat ditampilkan di berbagai media seperti web, CD Room, VCD, DVD, Handphone dan PDA, 6) Adanya actionscript, sehingga dimungkinkan membuat game dikarenakan flash mampu menampung variabel, nilai dan melakukan perhitungan. Hasil penelitian pada responden pakar multimedia, menunjukkan pada kriteria tampilan program tergolong baik (79,29%) dan kriteria kualitas teknis, program tergolong sangat baik (85,56%). Pada responden guru, menunjukkan kriteria pendidikan program tergolong sangat baik (80,78%). Pada responden siswa, program tergolong baik (80%) Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan : telah dihasilkan media pembelajaran mata pelajaran mengoperasikan mesin produksi dengan kendali elektromagnetik pada SMK. Menurut pakar multimedia, guru dan siswa, media pembelajaran yang dihasilkan baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran yang diberikan penulis yaitu : 1) Perlu diadakan penelitian lanjutan tentang pengembangan program media pembelajaran Mengoperasikan Mesin Produksi Dengan Kendali Elektromagnetik. 2) Kelemahan yang ada dalam media pembelajaran Mengoperasikan Mesin Produksi Dengan Kendali Elektromagnetik ini, yaitu gambar yang kurang atraktif, sebaiknya diperbaiki pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, kendali elektromagnetik,
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 07:46
Last Modified: 07 Sep 2012 07:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15168

Actions (login required)

View Item View Item