Suspensi Belakang pada Sepeda Motor Roda Tiga


Nofa Edi Susanto, 5250308002 (2012) Suspensi Belakang pada Sepeda Motor Roda Tiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Suspensi Belakang pada Sepeda Motor Roda Tiga] Microsoft Word (Suspensi Belakang pada Sepeda Motor Roda Tiga) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Sistem suspensi pada kendaraan memegang peranan yang sangat penting dalam memperoleh kenyamanan dalam berkendara. Selain dapat mempengaruhi kestabilan kendaraan dan daya lekat ban pada jalan, sistem suspensi berfungsi juga untuk mengurangi getaran pada body kendaraan yang disebabkan oleh ketidakrataan permukaan jalan. Untuk mendapatkan sistem suspensi yang optimal, maka suspensi kendaraan harus dirancang agar mampu menghadapi kondisi perubahan massa muatan. Suspensi merupakan sebuah komponen pada kendaraan yang bertugas menopang beban kendaraan agar getaran atau kejutan yang terjadi dapat diredam dengan lembut, sehingga pengendara kendaraan tetap dalam posisi nyaman. Selain itu fungsi dari sistem suspensi adalah memindahkan gaya pengereman dan gaya gerak ke bodi melalui gesekan antara jalan dengan roda-roda dan memelihara letak geometris antara bodi dan roda-roda.Pemilihan suspensi ini menggunakan shock absorber pada sepeda motor, karena berdasarkan acuan dari massa sepeda motor roda tiga ini. Sistem suspensi ini dirancang dengan sudut 60° dari garis vertikal karena kekakuan pegas pada suspensi ini ideal dari pada pada posisi vertikal. Gaya yang bekerja pada masing-masing pegas suspensi belakang adalah 153,5 Kg dan gaya yang diterima pada pegas suspensi belakang pada kemiringan 60° adalah 132,93 Kg. Sehingga pembebanan suspensi ini masih aman untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya,suspensi belakang
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 06:51
Last Modified: 07 Sep 2012 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15162

Actions (login required)

View Item View Item