Perbedaan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Materi Sistem Rem Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori Dan Model Pembelajaran Jigsaw II Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011 / 2012
Giwang Anugrah, 5201407011 (2011) Perbedaan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Materi Sistem Rem Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori Dan Model Pembelajaran Jigsaw II Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011 / 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Perbedaan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Materi Sistem Rem Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori Dan Model Pembelajaran Jigsaw II Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011 / 2012)
- Published Version
Download (136kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam skripsi ini adalah ingin mengungkap dari perbedaan hasil belajar dengan model pembelajaran jigsaw II pada materi sistem rem di SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran jigsaw II dan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem rem Penelitian ini menerapkan model pembelajaran jigsaw II. Terdiri dari lima komponen utama yaitu membaca,diskusi kelompok ahli, laporan tim, tes, dan rekognisi tim. Penelitian ini juga menerapkan model pembelajaran ekspositori yaitu pembelajaran yang digunakan dengan memberikan keterangan terlebih dahulu definisi, prinsip dan konsep materi pelajaran serta memberikan contohcontoh latihan pemecahan masalah dalam bentuk ceramah, tanya jawab dan penugasan. Jenis penelitian ini menggunakan True Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 4 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post test pada kelas dengan model pembelajaran Jigsaw II dapat mencapai nilai rata-rata kelas yang lebih baik daripada hasil post test pada kelas dengan metode ekspositori. Simpulan dari penelitian ini adalah kebenaran, adanya perbedaan hasil belajar yang lebih baik dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw II dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori. Besar presentase ketuntasan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw II sebesar 80,55% dan pada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori sebesar 41,66%. Persentase perbedaannya yaitu 38,89%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Ekspositori, Jigsaw II |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Sep 2012 06:38 |
Last Modified: | 07 Sep 2012 06:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15157 |
Actions (login required)
View Item |