Pengaruhinjector flow rateTerhadap Performa Mesin Turbo 4E-FTE.
Arief Rahman Hakim, 5201406011 (2012) Pengaruhinjector flow rateTerhadap Performa Mesin Turbo 4E-FTE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruhinjector flow rateTerhadap Performa Mesin Turbo 4E-FTE.)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat masalah performa kendaraan yang menggunakan sistem EFI sebagai sistem pencampuran bahan bakarnya. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan percobaanuntuk meningkatkan performa mesin tersebut,misalnya dengan mengganti injector dengan ukuran tertentu dan menurunkan tekanan pompa bahan bakar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar performa dari mesin turbo 4E-FTE jika dilakukan penggantian injector dengan tekanan pompa yang divariasikan. Variasi pada tekanan pompa bahan bakar dan penggantian injector dilakukan untuk mengubah injector flow rate. Pada penelitian ini mesin yang digunakan adalah mesin dari Toyota dengan seri mesin 4E-FTE. Sebelum dilakukan penelitian mesin dibuat menjadi engine stand untuk mempermudah penelitian,sedangkan penelitian performamesin dilaksanakan di Laboratorium Universitas Negeri Semarang. Metode pengumpulan data diambil dengan cara membandingkan performa mesin turbo 4E-FTE standar dengan mesin turbo4E-FTE setelah dilakukan penggantian injector. Pada masing-masing pengujian tekanan pompa bahan bakar diatur pada tekanan42 Psi (2,94 kg/cm), 37 Psi (2,59 kg/cm), dan 32 Psi (2,24kg/cm). Pengujian dilakukan sebanyak enam kali, tiga kali pengujian mesin standar untuk tekanan pompa bahan bakar 42 Psi (2,94 kg/cm), 37 Psi (2,59 kg/cm), dan 32 Psi (2,24kg/cm) dan tiga kali pengujian mesin dengan penggantian injector untuk tekanan pompa bahan bakar 42 Psi (2,94 kg/cm), 37 Psi (2,59 kg/cm), dan 32 Psi (2,24kg/cm). Data penelitian kemudian dianalisis sesuai ketentuan perencanaan. Hasil penelitian didapat bahwa pada masing-masing pengujian dengan variasi tekanan pompa bahan bakar dapat menaikkan maupun menurunkan performa pada tiap-tiap tekanan. Namun ketika hasilnya dibandingkan antara hasil uji performa dengan menggunakan injector standar mesin turbo 4E-FTE dengan hasil uji setelah dilakukan penggantian injector dari mesin 4E-FTE hasil uji performanya menunjukkan penurunan performa. Dan pada kenyataannya penurunan performa mesin tidak hanya dipengaruhi oleh jumlah aliran bahan bakar ataupun tekanan pada pompa bahan bakar, tetapi juga banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut, misalnya filter bahan bakar yang kotor, injector yang alirannya tidak sempurna karena bahan bakarnya kotor dan yang lainnya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Performa, injector flow rate, 4E-FTE. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Sep 2012 06:19 |
Last Modified: | 07 Sep 2012 06:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15156 |
Actions (login required)
View Item |