Efektivitas Metode Pembelajaran STAD ( Student Team Achievement Division) Prestasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Ilmu Bangunan Gedung Program Keahlian Konstruksi Batu Beton Kelas X Di SMK N 7 Semarang
Sri Rejeki Laku Utami, , 5101408048 (2012) Efektivitas Metode Pembelajaran STAD ( Student Team Achievement Division) Prestasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Ilmu Bangunan Gedung Program Keahlian Konstruksi Batu Beton Kelas X Di SMK N 7 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Efektivitas Metode Pembelajaran STAD ( Student Team Achievement Division) Prestasi Belajar Siswa pada Mata Diklat Ilmu Bangunan Gedung Program Keahlian Konstruksi Batu Beton Kelas X Di SMK N 7 Semarang )
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru khususnya pada mata diklat Ilmu Bangunan Gedung pada kompetensi dasar menerapkan jenis fondasi yang tepat untuk bangunan sesuai dengan jenis tanahnya di kelas X di SMK Negeri 7 Semarang ( STM Pembangunan) masih menggunakan metode pembelajaran konvesional. Guru jarang memanfaatkan lingkungan di sekitar kelas sebagai sumber belajar dan jarang mengajak siswa untuk melakukan diskusi kelompok dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran kooperatif yaitu metode pembelajaran STAD ( Student Team Achievement Division) dapat mempengaruhi prestasi belajar pada siswa program keahlian TKBB di kelas X di SMK Negeri 7 Semarang. Penelitian dilakukan dengan metode pembelajran konvesional yaitu metode pembelajaran ceramah dengan metode pembelajaran kooperatif yaitu metode pembelajran STAD ( Student Team Achievement Division). Populasi penelitian adalah seluruh siswa program keahlian TKBB di kelas X di SMK Negeri 7 Semarang. Sampel penelitian diambil dengan cara undian untuk menentukan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang akan digunakan dalam penelitian. Prosedur penelitian: persiapan, pelaksanaan, pengambilan data, serta analisis. Cara pengambilan data: pre test, post tes. Metode analisis data: uji perbedaan rata – rata ( uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji perbedaan rata – rata (uji t) di peroleh bahwa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata 82,03 sedangkan untuk kelas kontrol mencapai nilai rata -rata ketuntasan belajar yaitu78,89. Selanjutnya hasil analisis menunjukan bahwa uji perbedaan rata – rata ( uji t) berbeda secara signifikan, jadi dapat di simpulkan bahwa nilai rata – rata prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan dengan nilai rata - rata prestasi belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Ilmu Bangunan Gedung pada kompetensi dasar menerapkan jenis fondasi yang tepat untuk bangunan sesuai dengan jenis tanahnya pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan nilai prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran STAD ( Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata diklat ilmu bangunan gedung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, STAD ( Student Team Achievement Division). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TH Building construction |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Sep 2012 02:57 |
Last Modified: | 07 Sep 2012 02:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15153 |
Actions (login required)
View Item |