Pengaruh antara Motivasi Belajar Siswa dan Tingkat Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012


Sofyan Dwi Ariyanto, 5101408022 (2012) Pengaruh antara Motivasi Belajar Siswa dan Tingkat Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh antara Motivasi Belajar Siswa dan Tingkat Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan  SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh antara Motivasi Belajar Siswa dan Tingkat Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah “Adakah pengaruh antara motivasi belajar dan tingkat ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dan tingkat ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X jurusan teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 96 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel.Metode penelitian yang digunakan adalah metode wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil uji normalitas diperoleh sig (2-tailed)= 0,982. Karena 0,982 > 0,05, maka H0 diterima. Artinya variabel berdistribusi normal.. Karena Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Sedangkan dari uji heteroskedastisitas diperoleh semua variabel motivasi belajar dan tingkat ekonomi orang tua mempunyai nilai sig ≥ 0,05 yaitu 0,321> 0,05 dan 0,366 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan model regresi tidak mengandung adanya heterokedastisitas. Untuk uji multikolonieritas diperoleh variabel motivasi belajar dan tingkat ekonomi mempunyai nilai tolerance > 0,1 dan nilai VIF < 10 yaitu 0,917 > 0,1 dan 1,091 < 10. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada multikolinieritas antar variabel motivasi belajar dan tingkat ekonomi orang tua dalam model regresi ini. Dari hasil uji regresi linier ganda menunjukkan bahwa persamaan regresinya adalah Ŷ = 33,800 + 0,405X1 + 0,363X2. Persamaan di atas adalah linier dibuktikan dengan uji linieritas dengan hasil Fhitung = 59,259 > Ftabel = 2,689, untuk taraf signifikansi 5%. Disamping itu diketahui bahwa model regresi linier ganda tersebut signifikan. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor motivasi belajar sebesar 37,8% dan tingkat ekonomi orang tua sebesar 32,9%. Secara besar motivasi belajar dan tingkat ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prsetasi belajar sebesar 55,1%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang diajukan pada orang tua hendaknya senantiasa memperhatikan anaknya baik berupa pemberian sarana-prasarana belajar, bimbingan dan motivasi agar memperoleh prestasi yang optimal. Kepada siswa perlu menumbuhkan motivasi belajar pada dirinya dengan menyadari pentingnya belajar sebagai bekal dalam menjalani kehidupan pada masa-masa yang akan datang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Tingkat Ekonomi, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 02:37
Last Modified: 07 Sep 2012 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15151

Actions (login required)

View Item View Item