Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP 2 Bangsri, Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012


Prima Yoga Andimas, 4101408002 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP 2 Bangsri, Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi  Segiempat Peserta Didik Kelas VII  SMP 2 Bangsri, Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP 2 Bangsri, Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Materi segiempat bagi peserta didik SMP adalah materi yang sulit dipahami karena membutuhkan imajinasi yang tinggi dalam proses pemecahan masalahnya. Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan materi segiempat karena berfokus pada dunia nyata dan dengan bantuan LKPD maka peserta didik akan mampu mengonstruk pengetahuan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP N 2 Bangsri, Jepara pada materi pokok segiempat dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan untuk mengetahui bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok segiempat yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) lebih baik dari peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP N 2 Bangsri, Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dan terpilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bangsri, Jepara yang diajar menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan bantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi pokok segiempat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) belajar yaitu KKM individu sebesar 65 dan KKM klasikal sekurang-kurangnya 85 % dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran STAD Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka peneliti memberikan saran guru dapat melakukan variasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi segiempat agar pemecahan masalah peserta didik dapat tumbuh dan berkembang dan juga guru perlu memperhatikan waktu, keaktifan serta keterampilan peserta didik dalam bekerja sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model Pembelajaran Berbasis Masalah, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Sep 2012 00:54
Last Modified: 10 Sep 2012 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15150

Actions (login required)

View Item View Item