Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis ICT pada Siswa Kelas VA SDN Karanganyar 02 Kota Semarang


Shelfy Sekar Ayu Hapsari, 1402408028 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis ICT pada Siswa Kelas VA SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis ICT pada Siswa Kelas VA SDN Karanganyar 02 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis ICT pada Siswa Kelas VA SDN Karanganyar 02 Kota Semarang) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Pembelajaran PKn yang ada di SDN Karanganyar 02 Semarang guru masih menggunakan model pembelajaran yang verbalistik, keadaan siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran menyebabkan materi yang disampaikan oleh guru kurang terserap dengan baik oleh siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together berbasis ICT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis ICT dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Karanganyar 02 Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VA SDN Karanganyar 02 Semarang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Karanganyar 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan guru siklus I persentasenya adalah 66,7%, pada siklus II menjadi 75% dan siklus III adalah 86,1%; aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,46% meningkat menjadi 73,89% pada siklus II dan 80,18% pada siklus III; hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 50% meningkat pada siklus II dengan persentase 70% dan meningkat lagi menjadi 86,7% pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbasis ICT dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas VA SDN Karanganyar 02. Guru senantiasa melakukan pembaharuan di dalam pendidikan, partisipasi siswa secara aktif pada pembelajaran dan respon positif dari pihak sekolah dalam penerapan dan pengembangan berbagai model pembelajaran disarankan guna mencapai tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2012 01:20
Last Modified: 07 Sep 2012 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item View Item