Pengaruh Dimensi Stressor Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Mondrian Klaten


Ikhwan Adi Surya, 3352405624 (2012) Pengaruh Dimensi Stressor Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Mondrian Klaten. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Dimensi Stressor Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Mondrian Klaten] Microsoft Word (Pengaruh Dimensi Stressor Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Mondrian Klaten) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis kini semakin dinamis dan kompetitif sehingga menuntut perusahaan untuk menjaga kelangsungan usaha dengan meningkatkan kinerja karyawannya. Faktor penentu kinerja karyawan diantaranya adalah faktor lingkungan fisik, organisasi dan individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi stressor terhadap kinerja karyawan pada PT. Mondrian Klaten, sehingga hipotesis dari penelusinan ini adalah pengaruh lingkungan fisik, organisasi, individual terhadap kinerja karyawan Pt. Mondrian Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT. Mondrian Klaten dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental random sampling sehingga ditetapkan 70 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT. Mondrian Klaten. Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan fisik (X1), organisasi (X2), individual (X3) dan kinerja karyawan (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 15.0. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 10,716 + 0.269 X1 + 0.389 X2 + 0,193 X3.Koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0.809. Hal ini berarti bahwa stressor faktor lingkungan fisik, organiasi dan individual 80,9% dapat memberikan sumbangan terhadap kinerja karyawan PT. Mondrian, sedangkan sisanya sebesar 19,1% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh lingkungan fisik, organisasi dan individual bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Mondrian Klaten baik secara parsial maupun simultan. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya perusahaan dalam mengambil kebijakan mengenai stressor faktor lingkungan fisik, organisasi dan individual guna semakin meningkatkan kinerja karyawan. Kinerja karyawan juga dapat semakin ditingkatkan dengan adanya pendidikan dan pelatihan secara berkala yang dilakukan oleh perusahaan. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan lebih memperluas jangkauan penelitian dengan menambahkan sampel serta variabel yang ada pada penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Fisik, Organisasi, Individual, Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2012 00:54
Last Modified: 07 Sep 2012 00:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item