Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swalayan Sri Ratu Mega Centre Kota Pekalongan


Khofidin, 3352405556 (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swalayan Sri Ratu Mega Centre Kota Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swalayan Sri Ratu Mega Centre Kota Pekalongan] Microsoft Word (Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swalayan Sri Ratu Mega Centre Kota Pekalongan) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Semakin berkembangnya perusahaan ritel menuntut setiap produsen untuk lebih cerdik dan kreatif dalam mengembangkan perusahaannya. Selera konsumen yang mengalami peningkatan membuat Swalayan berusaha semaksimal mungkin menyediakan kebutuhan konsumen. Kehadiran Swalayan merupakan tuntutan dalam pemenuhan kebutuhan hidup, kondisi semacam ini mencerminkan suatu fenomena yang terjadi bahwa masyarakat menjadi semakin kritis dalam memilih tempat pembelanjaan. Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah adakah kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Swalayan Sri Ratu Mega Centre Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Swalayan Sri Ratu Mega Centre Pekalongan, sehingga hipotesis dari penelitian ini adalah adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen swalayan Sri Ratu Mega Centre Pekalongan Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen/pengunjung Swalayan Sri Ratu Mega Centre Kota Pekalongan yang melakukan pembelian. Dalam penelitian ini dalam menentukan sampel menggunakan teknik accidental sampling yaitu sampel yang terdiri dari individu yang paling mudah dijumpai atau di akses. Untuk menentukan berapa minimal sampel yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan menggunakan metode rumus Slovin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Swalayan Sri Ratu Mega Centre Kota Pekalongan sejumlah 100 pengunjung. Metode pengambilan data menggunakan dengan metode angket. Data dari hasil instrument angket dianalisis data dengan menggunakan korelasi regresi sederhana. Dari hasil perhitungan analisis hipotesis menunjukkan kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan diperoleh F sebesar 49,815 dengan signifikan 0,000 yang berarti lebih kecil dari probabilitas 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Swalayan Sri Ratu Mega Centre Kota Pekalongan. Kesimpulan dari penelitian ini semakin meningkatnya kualitas pelayanan (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) akan meningkatkan kepuasan konsumen. Saran penelitian yang diperoleh adalah hendaknya Swalayan Aneka Jaya Mranggen tetap mempertahankan kualitas pelayanan yang telah dilaksanakan, karena kualitas pelayanan berkorelasi positif terhadap kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2012 00:47
Last Modified: 07 Sep 2012 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15128

Actions (login required)

View Item View Item