Pengembangan Media Audio Visual sebagai Bahan Ajar Materi Bahasa Prancis SMK Jurusan Jasa Boga


Budi Lestari, 2301406030 (2012) Pengembangan Media Audio Visual sebagai Bahan Ajar Materi Bahasa Prancis SMK Jurusan Jasa Boga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of  Pengembangan Media Audio Visual sebagai Bahan Ajar Materi Bahasa Prancis SMK Jurusan Jasa Boga] Microsoft Word ( Pengembangan Media Audio Visual sebagai Bahan Ajar Materi Bahasa Prancis SMK Jurusan Jasa Boga) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengedepankan lulusan yang memiliki keterampilan sesuai bidangnya masing-masing. Di jurusan Jasa Boga siswanya dididik untuk terampil dalam mengolah bahan makanan. Maka dari itu buku ajar yang digunakan harus dapat membantu siswa terampil dan cakap dalam mengolah makanan. Salah satu buku ajar yang digunakan di jurusan ini adalah Teknik Perencanaan Gizi Makanan. Materi di dalam buku ini banyak menggunakan istilah Bahasa Prancis. Padahal bahasa Prancis tidak diajarkan di SMK jurusan Jasa Boga. Oleh karena itu diperlukan suatu cara agar dapat membantu siswa dan guru dalam memahami dan mengucapkan kosakata bahasa Prancis dengan benar. Salah satu cara yang dianggap efektif adalah media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media audio visual sebagai bahan ajar materi bahasa Prancis SMK jurusan Jasa Boga, media ini dilengkapi dengan gambar yang mewakili setiap kosakata dan cara pengucapan yang sesuai. Dengan media tersebut diharapkan siswa dan guru SMK jurusan Jasa Boga lebih mudah dalam memahami istilah bahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Menurut Sugiono (2006: 409) terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun karena tebatasnya waktu, peneliti hanya mengadopsi lima langkah yakni merumuskan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk,validasi, dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah desain produk berupa media audio visual sebagai bahan ajar materi bahasa Prancis SMK jurusan Jasa Boga. Desain produk tersebut terdiri dari dua tampilan utama, tampilan yang pertama yaitu Le vocabulaire dan tampilan yang kedua yaitu Menu. Kemudian pada tahap terakhir, desain produk tersebut dikonsultasikan pada ahli bahasa Prancis untuk mengetahui kekurangan dan kelemahannya. Setelah melakukan perbaikan dan penyempurnaan sesuai saran ahli, desain produk ini telah divalidasi oleh ahli bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, bahan ajar, SMK jasa boga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2012 00:43
Last Modified: 07 Sep 2012 00:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15125

Actions (login required)

View Item View Item