Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Prancis pada Keterampilan Membaca Berbasis Macromedia Flash di Kelas XI Semester I


Adhi Nugraha Wiriaatmaja, 2301405018 (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Prancis pada Keterampilan Membaca Berbasis Macromedia Flash di Kelas XI Semester I. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Prancis pada Keterampilan Membaca Berbasis Macromedia Flash di Kelas XI Semester I] Microsoft Word (Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Prancis pada Keterampilan Membaca Berbasis Macromedia Flash di Kelas XI Semester I) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Di SMA ketertarikan siswa dalam membaca, khususnya bahasa Prancis dirasa masih sangat kurang dan belum tersedianya media pembelajaran pada keterampilan membaca yang sesuai dengan silabus SMA. Oleh karena itu penulis membuat media pembelajaran tersebut yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa bagi siswa SMA sebagai variasi pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk pengembangan media pembelajaran bahasa Prancis pada keterampilan membaca berbasis macromedia flash untuk kelas XI SMA semester I? Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode Penelitiandan Pengembangan atau research and development (R&D). Menurut Sugiono (2008: 409) terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun karena terbatasnya waktu, penulis hanya mengadopsi lima langkah yakni, merumuskan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk,validasi, dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah bentuk pengembangan media pembelajaran bahasa Prancis pada keterampilan membaca berbasis macromedia flash di kelas XI SMA semester I dengan tema la famille, yang merupakan tema kelas XI semester I sesuai dengan silabus SMA/MA, kemudian media tersebut dikembangkan sesuai keterampilan yang difokuskan yaitu keterampilan membaca, lalu penulis menambahkan beberapa gambar, foto, audio, materi dari buku pelajaran, dan materi dari internet untuk memperjelas bentuk desain media pembelajaran tersebut. Setelah itu, media pembelajaran tersebut dikonsultasikan pada ahli untuk mengetahui kekurangan dan kelemahannya. Kemudian pada tahap terakhir penulis melakukan beberapa revisi sesuai saran ahli. Setelah, media pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli/validator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2012 00:39
Last Modified: 07 Sep 2012 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item