Efektivitas Teknik Parafrase Wacana Dialog untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Jepang


Ambar Wahyuningsih, 2302408057 (2012) Efektivitas Teknik Parafrase Wacana Dialog untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Teknik Parafrase Wacana Dialog untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Jepang] Microsoft Word (Efektivitas Teknik Parafrase Wacana Dialog untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Jepang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Kompetensi dasar menulis dalam bahasa Jepang pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA adalah supaya siswa mampu mengungkapkan berbagai informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai dengan konteks, menggunakan kata, frase, kalimat dengan huruf, struktur dan pola kalimat yang tepat. Berdasarkan observasi diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran menulis yang terjadi di SMA 7 Purworejo kurang berjalan dengan lancar. Hal ini menyebabkan aktivitas menulis hanya mendapat porsi waktu yang sedikit, sehingga aspek menulis kurang maksimal. Biasanya, kegiatan menulis diselesaikan di luar kelas. Oleh karena itu, diharapkan ada teknik dalam menulis paragraf yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan dan mengurutkan ide secara runtut, logis, dan sesuai dengan logika. Untuk itu, dalam penelitian ini digunakan teknik parafrase wacana dialog, yaitu teknik yang dimaksudkan agar seseorang bisa mengatakan tuturan tertentu dengan bahasa sendiri dalam bentuk yang lebih sederhana, bebas dan prosais Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya teknik parafrase wacana dialog dengan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis paragraf bahasa Jepang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menguji keefektifan teknik parafrase untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf. Sampel yang dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 7 Purworejo. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode tes. Metode tes digunakan untuk mengambil data berupa kemampuan siswa dalam menulis paragraf. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus alpha. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan rumus T- Test. Analisa hasil tes dengan menggunakan rumus T-Test adalah 6,66. Selanjutnya hasil tersebut dibandingkan dengan tabel T. Setelah hasil tersebut dibandingkan dengan T tabel , dapat diketahui bahwa hasil perhitungan (6,66) lebih besar dari nilai tabel harga untuk N=22-1 yaitu 2,08 untuk taraf kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa teknik parafrase wacana dialog efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf bahasa Jepang pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Parafrase Wacana Dialog, Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Sep 2012 00:35
Last Modified: 07 Sep 2012 00:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15119

Actions (login required)

View Item View Item