Pengembangan Alat Evaluasi Model Peta Konsep dalam Pembelajaran Inkuiri Materi Ekosistem


Alaena Naelu Muthmainnah, 4401408102 (2012) Pengembangan Alat Evaluasi Model Peta Konsep dalam Pembelajaran Inkuiri Materi Ekosistem. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Alat Evaluasi Model Peta Konsep dalam Pembelajaran Inkuiri Materi Ekosistem] Microsoft Word (Pengembangan Alat Evaluasi Model Peta Konsep dalam Pembelajaran Inkuiri Materi Ekosistem) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Alat evaluasi peta konsep dapat digunakan untuk mengetahui struktur kognitif siswa karena dapat menggambarkan pemahaman konsep siswa setelah pembelajaran inkuiri. Pembelajaran inkuiri pada dasarnya penemuan konsep oleh siswa setelah memecahkan masalah. Untuk mengukur seberapa besar penemuan siswa terhadap konsep ekosistem diperlukan alat evaluasi yang sesuai, salah satunya alat evaluasi peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan alat evaluasi peta konsep dalam pembelajaran inkuiri pada materi ekosistem, menguji validitas dan reliabilitas alat evaluasi model peta konsep dalam pembelajaran inkuiri materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Alat evaluasi model peta konsep terdiri dari peta konsep tanpa daftar konsep dan peta konsep dengan daftar konsep. Implementasi alat evaluasi ini dilakukan pada siswa yang telah mengikuti pembelajaran inkuiri materi ekosistem. Hasil penelitian menunjukkan validitas peta konsep tanpa daftar konsep yang terdiri dari dua soal sebesar 0,928 dan 0,833, sedangkan reliabilitasnya sebesar 0,998 dan 0.999. Peta konsep dengan daftar konsep yang juga terdiri dari dua soal memiliki validitas sebesar 0,872 dan 0,880, sedangkan reliabilitasnya sebesar 0,998 dan 0.990. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi yang dikembangkan valid, reliabel dan praktis digunakan untuk mengukur struktur kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat evaluasi, ekosistem, inkuiri, peta konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 04:02
Last Modified: 06 Sep 2012 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15085

Actions (login required)

View Item View Item