Keefektifan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kragan Tahun Ajaran 2011/2012 Pada Materi Pokok Lingkaran
Lathifatun Ni’mah, 4101408085 (2012) Keefektifan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kragan Tahun Ajaran 2011/2012 Pada Materi Pokok Lingkaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kragan Tahun Ajaran 2011/2012 Pada Materi Pokok Lingkaran)
- Published Version
Download (35kB) |
Abstract
Masa depan bangsa terletak pada tangan generasi muda. Generasi muda dituntut untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Perwujudan awal kualitas sumber daya manusia dapat dilihat salah satunya dengan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penumbuhkembangan kemampuan berpikir kreatif matematis ini dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah peserta didik yang diberi pelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif mencapai ketuntasan pada aspek kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) apakah kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII semester II di SMP Negeri 1 Kragan materi pokok lingkaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif lebih baik daripada dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, serta (3) adakah pengaruh keaktifan peserta didik yang diberi pelajaran dengan strategi pembelajaran kreatif produktif terhadap perolehan hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan berpikir kreatif matematis. Pada penelitian ini aspek yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis ada 4, yaitu (1) kelancaran, (2) keluwesan, (3) keaslian, dan (4) elaborasi. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kragan. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis ini adalah metode tes. Berdasarkan hasil belajar diperoleh 88,24% peserta didik yang memperoleh pelajaran dengan strategi pembelajaran kreatif produktif mencapai ketuntasan. Hasil analisis hipotesis pertama diperoleh bahwa lebih dari 75% peserta didik yang diberi pelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif mencapai ketuntasan. Hasil analisis hipotesis kedua diperoleh kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis hipotesis ketiga diperoleh bahwa terdapat pengaruh aktivitas peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh pelajaran dengan strategi pembelajaran kreatif produktif mencapai ketuntasan, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang memperoleh pelajaran dengan strategi pembelajaran kreatif produktif lebih baik daripada strategi pembelajaran ekspositori, dan (3) aktivitas peserta didik berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Aktivitas Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 03:57 |
Last Modified: | 06 Sep 2012 03:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15082 |
Actions (login required)
View Item |