Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs Kelas VII Materi Pokok Segiempat Melalui Penerapan Model Snowball Throwing


Rischa Yuliawati, 4101408057 (2012) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs Kelas VII Materi Pokok Segiempat Melalui Penerapan Model Snowball Throwing. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs Kelas VII Materi Pokok Segiempat Melalui Penerapan Model Snowball Throwing] Microsoft Word (Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs Kelas VII Materi Pokok Segiempat Melalui Penerapan Model Snowball Throwing) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah pembelajaran matematika menggunakan model snowball throwing berbantuan LKS dan model snowball throwing dapat mencapai ketuntasan belajar pada kemampuan berpikir kreatif materi pokok segiempat, (2) apakah ada perbedaan rata-rata antara pembelajaran menggunakan model snowball throwing berbantuan LKS, model snowball throwing, dan pembelajaran ekspositori pada kemampuan berpikir kreatif, (3) apakah rata-rata pembelajaran menggunakan model snowball throwing berbantuan LKS lebih baik daripada hanya menggunakan model snowball throwing, (4) apakah rata-rata pembelajaran menggunakan model snowball throwing lebih baik dari pembelajaran ekspositori, dan (5) apakah penerapan model snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Melalui teknik cluster random sampling, diperoleh siswa pada kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan LKS, siswa pada kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran snowball throwing, dan siswa pada kelas VII A sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian adalah (1) siswa yang memperoleh pembelajaran snowball throwing berbantuan LKS dan pembelajaran snowball throwing mencapai ketuntasan, (2) ada perbedaan rata-rata antara pembelajaran snowball throwing berbantuan LKS, pembelajaran snowball throwing, dan pembelajaran ekspositori pada kemampuan berpikir kreatif, (3) kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen 2, (4) kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen 2 lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol, dan (5) rata-rata kemampuan berpikir kratif siswa setelah perlakuan lebih dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, guru matematika MTs. Mazro’atul Huda Karanganyar Demak disarankan (1) pada penerapan model pembelajaran snowball throwing sebaiknya memperhatikan perencanaan pembelajaran yang tepat agar penggunaan waktu dapat lebih efektif, dan (2) guru matematika MTs. Mazro’atul Huda Karanganyar Demak sebaiknya melaksanakan pembelajaran snowball throwing berbantuan LKS pada materi pokok segiempat dan pada materi pokok lain yang sesuai agar kemampuan berpikir kreatif siswa dapat terasah dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Segiempat, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 03:55
Last Modified: 06 Sep 2012 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15080

Actions (login required)

View Item View Item