Hubungan Antara Postur Tubuh Dan Keterbelajaran Gerak Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V Dan VI (Usia 10 – 12 tahun) Di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005/2006


Muhammad Sahli, 6101402006 (2006) Hubungan Antara Postur Tubuh Dan Keterbelajaran Gerak Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V Dan VI (Usia 10 – 12 tahun) Di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Antara Postur Tubuh Dan Keterbelajaran Gerak Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V Dan VI (Usia 10 – 12 tahun) Di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005/2006]
Preview
PDF (Hubungan Antara Postur Tubuh Dan Keterbelajaran Gerak Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas V Dan VI (Usia 10 – 12 tahun) Di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005/2006) - Published Version
Download (388kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara postur tubuh dan keterbelajaran gerak pada siswa kelas V danVI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005/2006 ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara postur tubuh dan keterbelajaran gerak pada siswa kelas V dan VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005/2006. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005/2006 dengan jumlah populasi 1887 anak. Sampel yang digunakan adalah siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005/2006 kelas V dan VI antara usia 10 sampai dengan 12 tahun dengan jumlah sampel 164 anak yang diambil dengan menggunakan teknik cluster proporsional random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yaitu postur tubuh dan variabel terikat (Y) yaitu keterbelajaran gerak. Untuk memperoleh data yang sesuai dalam penelitian ini, maka metode yang digunakan adalah survei dengan teknik tes. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis korelasi product moment diketahui bahwa diperoleh nilai rhitung sebesar 0,189 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai rtabel sebesar 0,151. Dari hasil tersebut nampak bahwa rhitung lebih besar dibandingkan dengan rtabel yang berarti bahwa ada hubungan antara postur tubuh dan keterbelajaran gerak pada siswa kelas V dan VI di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2005/2006. Beberapa saran yang dapat peneliti berikan antara lain guru hendaknya dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat melakukan aktivitasaktivitas yang berhubungan dengan perkembangan fisiknya. Orang tua dan guru olahraga lebih memberikan dukungan kepada siswa yang memiliki perkembangan fisik dalam kategori sedang. Kondisi ini akan dapat ditingkatkan dengan lebih menekankan kepada siswa tersebut untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik yang dapat menunjang perkembangan postur tubuhnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2011 06:18
Last Modified: 25 Apr 2015 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item