Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas IVB SDN Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan


Mita Yuni Hastuti, 1402408331 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas IVB SDN Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas IVB SDN Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Direct Instruction Pada Siswa Kelas IVB SDN Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan kurang optimal karena guru kurang maksimal dalam penggunaan media/alat peraga, siswa kesulitan menguasai materi yang diajarkan guru karena tidak disertai demonstrasi bertahap, guru tidak memberikan penguatan dan motivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah melalui penerapan model Direct Instruction dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui penerapan model Direct Instruction kelas IVB SDN Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus penelitian. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB sebanyak 41 siswa, tetapi pengamatan aktivitas siswa difokuskan pada 10 siswa dari 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan catatan lapangan. Variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa dan (3) hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 35 kategori baik, siklus II meningkat dengan skor 40 kategori sangat baik dan siklus III skor 41 kategori sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 20,6 kategori baik, siklus II meningkat dengan skor rata-rata 24,2 kategori baik dan siklus III skor rata-rata 27,3 kategori sangat baik. (3) hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 74%, siklus II meningkat ketuntasan klasikal sebesar 78% dan siklus III ketuntasan klasikal sebesar 88%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu keterampilan guru dan aktivitas siswa meningkat dengan kategori sekurang-kurangnya baik dan ketuntasan hasil belajar sebesar 80% sudah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan model Direct Instruction dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Wonosari 03 Kecamatan Ngaliyan. Saran bagi guru adalah model Direct Instruction dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran IPA SD kelas IV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA, Direct Instruction
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 03:44
Last Modified: 06 Sep 2012 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item