Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together Berbasis ICT Pada Siswa Kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02


Shelvianita M.D, 1402408253 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together Berbasis ICT Pada Siswa Kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together  Berbasis ICT Pada Siswa Kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Number Head Together Berbasis ICT Pada Siswa Kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn di SD Negeri Sampangan 02 masih mengalami kendala. Dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional sehingga pembelajaran kurang variatif, dan penggunaan media masih sangat jarang. Hal tersebut akan membuat pembelajaran terkesan monoton yang menyebabkan siswa kurang antusias, kurang aktif, tampak bosan dalam pembelajaran dan berujung pada pemahaman materi yang kurang sehingga hasil belajar rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Number Head Together Berbasis ICT dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02 .Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 24 (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 31 (baik) dan pada siklus III meningkat menjadi 35 (sangat baik). (2) Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mendapat jumlah rata-rata skor 22,9 (cukup), meningkat menjadi 31 (baik) pada siklus II dan 34,7 (sangat baik) pada siklus III. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 68,6% (cukup), siklus II 77,8% (baik) dan 83,3% (sangat baik) pada siklus III. Nilai tersebut memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang diperoleh yaitu model Kooperatif Tipe Number Head Together Berbasis ICT Pada Siswa Kelas IV-A SD Negeri Sampangan 02 dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Number Head Together, ICT
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 03:32
Last Modified: 06 Sep 2012 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15069

Actions (login required)

View Item View Item