Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang


Muhammad Okto Gunanto, 1402408243 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Latar belakang permasalahan adalah dalam pembelajaran IPA, Guru mengajarkan konsep IPA hanya secara hafalan, siswa belum dibelajarkan melalui proses penemuan-penemuan yang berorientasi pada masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif bertanya maupun mengeluarkan pendapat dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah secara umum adalah Apakah melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang?. Sedangkan secara khusus adalah (1) Apakah melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang? (2) Apakah melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPA kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang? (3) Apakah melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang?. Tujuan umum dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang. Secara khusus adalah : (1) Meningkatkan ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang. (2) Meningkatkan aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPA kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang. (3) Meningkatkan hasil belajar IPA kelas IVB SD Negeri Tambakaji 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) yang diterapkan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SD Tambakaji 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes (observasi dan catatan lapangan). Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) keterampilan guru memperoleh rata-rata skor dari dua pertemuan pada siklus 1 adalah 20 dengan kriteria baik; siklus 2 memperoleh skor 27 dengan kriteria sangat baik. Pada siklus 3, skor yang diperoleh yaitu 31 dan termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa memperoleh rata-rata skor dari dua pertemuan pada siklus 1 adalah 19,2 dengan kriteria cukup; Siklus 2 memperoleh skor 25,8 dengan kriteria baik. Pada siklus 3, skor yang diperoleh yaitu 29,3 dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata persentase ketuntasan klasikal dari dua pertemuan pada siklus 1 adalah 54,76%. Siklus 2 memperoleh persentase ketuntasan klasikal adalah 80,95%. Pada siklus 3, persentase ketuntasan klasikal yaitu 98,81%. Hasil penelitian tersebut telah menunjukkan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Adapun simpulan penelitian ini, melalui model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Tambakaji 01 Semarang. Saran bagi guru adalah perlu persiapan matang sebelum memulai pembelajaran dengan model Problem Based Instruction (PBI).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model problem base instruction (PBI), kualitas pembelajaran, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 03:27
Last Modified: 06 Sep 2012 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item