Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03


Rinci Famila, 1402408234 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VB SDN Tambakaji 03) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang berlangsung di sekolah saat ini cenderung masih abstrak dan dekontekstual, sehingga pembelajaran masih kurang bemakna. Berdasarkan observasi awal, peneliti mendapati bahwa pembelajaran matematika di SDN Tambakaji 03 masih belum optimal. Dalam penyampaian materi pelajaran guru kurang mampu mengaitkan konsep-konsep matematika yang dipelajarinya dengan kegiatan kehidupan sehari-hari (kontekstual).Selain itu, proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru, aktivitas siswa kurang sehingga hasil belajar siswa rendah. Data hasil belajar siswa menunjukkan sebanyak 56 % (23 siswa dari 41 siswa) mengalami ketidaktuntasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Tambakaji 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 41 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 45 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 19,4 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 22 dengan kategori baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 78,05%, siklus II persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 92,68%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V B SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Saran bagi guru adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika pada kelas dengan situasi yang sama dengan kondisi yang dialami peneliti, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) bisa digunakan sebagai acuan alternatif solusi pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 03:24
Last Modified: 06 Sep 2012 03:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item View Item