Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri Purwoyoso 01 Kota Semarang


Dinar Dwie Santoso, 1402408092 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri Purwoyoso 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri Purwoyoso 01 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri Purwoyoso 01 Kota Semarang) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Hasil observasi di kelas V SD Negeri Purwoyoso 01 kota Semarang ditemukan permasalahan pada pembelajaran IPS. Guru belum optimal menggunakan model pembelajaran yaitu saat pembelajaran guru hanya menggunakan metode konvensional dan lebih menekankan pada hafalan, keaktifan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan KBM masih belum optimal, Sehingga siswa kurang berminat dan antusias dalam pembelajaran. Data hasil belajar ditunjukkan dengan persentase siswa yang tuntas 38% (11 anak) dan yang tidak tuntas mencapai 62% (18 anak). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model snowball throwing dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri Purowoyoso 01 pada pembelajaran IPS?. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model snowball throwing di kelas V SD Negeri Purwoyoso 01. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan model snowball throwing dengan menggunakan III siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Purwoyoso 01 kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes yang terdiri dari observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model snowball throwing dapat meningkatkan ketrampilan guru dalam pembelajaran IPS. Pada siklus I memperoleh pencapaian persentase 71,87%, siklus II 84,37 %, dan siklus III 93,75%. (2) Model snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Pada siklus I memperoleh pencapaian persentase 71,91%, siklus II 78,56%, dan siklus III memperoleh pencapaian persentase 85,71%. (3) Model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam IPS. Siklus I memperoleh persentase ketuntasan 44,8%, siklus II 69%, dan siklus III 86,2%. Hal tersebut menunjukan bahwa pada siklus III ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa memperoleh persentase >80% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model snowball throwing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah agar guru lebih berinovasi menggunakan variasi model pembelajaran yang inovatif agar siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, IPS, Model snowball throwing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Sep 2012 03:09
Last Modified: 06 Sep 2012 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15060

Actions (login required)

View Item View Item