Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Didukung Penggunaan Chemdiary Book Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 9 Semarang


Anik Fadilah, , 4301408067 (2012) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Didukung Penggunaan Chemdiary Book Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 9 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Didukung Penggunaan  Chemdiary Book Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 9 Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Didukung Penggunaan Chemdiary Book Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 9 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Kajian yang terkait dengan hasil belajar dilakukan di setiap jenjang pendidikan karena masih sering ditemukan beberapa siswa menunjukkan hasil belajar yang rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain materi, model pembelajaran yang sesuai dengan materi, sarana dan prasarana, serta penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC didukung penggunaan chemdiary book terhadap hasil belajar materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IA SMA N 9 Semarang. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IA SMAN 9 Semarang 2011/2012. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik cluster rondom sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IA3 sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran kooperatif tipe CIRC didukung penggunaan chemdiary book dan kelas XI IA4 sebagai kelas kontrol diberi metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pre-test and post-test control group design. Penelitian dilakukan dengan memberikan pretes di awal pertemuan, kemudian perlakuan berupa penerapan kooperatif tipe CIRC didukung penggunaan chemdiary book pada kelas ekksperimen dilanjutkan dengan postes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen 77,53 dan kelas kontrol 70,79. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, sedangkan pada uji t satu pihak kanan thitung (3,957) > ttabel (1,99) yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC didukung penggunaan chemdiary book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan rb 0,52 dan kontribusi sebesar 27,085%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, kooperatif, CIRC, dan pengaruh.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 01:56
Last Modified: 06 Sep 2012 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item