Pengaruh Active Learning Berbasis SAVI Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Redoks di MAN Brebes 1


Yulia Roikhatullaely,, 4301408051 (2012) Pengaruh Active Learning Berbasis SAVI Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Redoks di MAN Brebes 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh  Active Learning Berbasis SAVI  Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Redoks di MAN Brebes 1] Microsoft Word (Pengaruh Active Learning Berbasis SAVI Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Redoks di MAN Brebes 1) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan di MAN Brebes 1 bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besarnya pengaruh penerapan Active Learning berbasis SAVI terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X pada materi pokok redoks. Populasi penelitian dikelas X berjumlah sepuluh kelas. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pengambilan sampel cluster random sampling, diperoleh kelas X-6 sebagai kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran Active Learning berbasis SAVI, dan kelas X-8 sebagai kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Metode analisis data ada dua macam, yaitu analisis data tahap awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas yang hasilnya delapan kelas berdistribusi normal dan homogen. Analisis tahap akhir juga meliputi uji normalitas yang hasilnya data berdistribusi normal, uji kesamaan dua varians dari dua kelompok hasilnya mempunyai varians yang sama sebesar 1,1311. Uji hipotesis diperoleh dengan analisis koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,5269, koefisien determinasi (KD) sebesar 27,76%, ketuntasan belajar secara klasikal pada kelompok eksperimen sebesar 92,6%, sedangkan kelompok kontrol sebesar 76%. Rata-rata skor total aspek afektif dan psikomotorik, kelompok eksperimen mencapai nilai lebih baik dari kelompok kontrol. Berdasarkan angket pendapat siswa diperoleh rata-rata siswa sangat setuju dengan penerapan metode pembelajaran Active Learning berbasis SAVI terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Active Learning; SAVI; hasil belajar; redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 01:44
Last Modified: 06 Sep 2012 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15045

Actions (login required)

View Item View Item