Pengaruh Penerapan Metode Kumon Menggunakan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Media Chemoedutainment Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa di SMA Negeri 4 Semarang


Ulya Lathifa, , 4301408049 (2012) Pengaruh Penerapan Metode Kumon Menggunakan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Media Chemoedutainment Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa di SMA Negeri 4 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Metode Kumon Menggunakan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Media Chemoedutainment Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa di SMA Negeri 4 Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Metode Kumon Menggunakan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Media Chemoedutainment Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa di SMA Negeri 4 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Kualitas pendidikan Indonesia yang rendah menuntut guru sebagai fasilitator pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berbasis pemahaman siswa. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat diimplementasikan yaitu metode kumon menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media chemoedutainment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh penggunaan metode kumon menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media chemoedutainment terhadap hasil belajar materi pokok larutan asam dan basa di SMA Negeri 4 Semarang. Karena pada uji homogenitas diperoleh data homogen maka pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan metode kumon menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media chemoedutainment, kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pendekatan inkuiri berbantuan media chemoedutainment, dan kelas kontrol diberi perlakuan metode diskusi informasi berbantuan media chemoedutainment. Pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi, tes, dan observasi. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan postes dan analisis data tahap akhir. Analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua varians, perhitungan gain, uji perbedaan dua rata-rata, uji rata-rata satu pihak (uji t pihak kanan), penentuan koefisien determinasi, uji ketuntasan belajar dan analisis aspek afektif serta psikomotorik. Pada uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar diketahui bahwa Fhitung = 19,983 dan Ftabel = 3,07. Hal ini berarti Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar pada ketiga kelas percobaan. Pada uji korelasi diperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) kelas eksperimen 1 terhadap kelas kontrol sebesar 0,73 sehingga besarnya kontribusi penerapan metode kumon menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media chemoedutainment terhadap hasil belajar sebesar 53,10%. Harga koefisien korelasi biserial (rb) kelas eksperimen 2 terhadap kelas kontrol sebesar 2,98 sehingga besarnya kontribusi pendekatan inkuiri berbantuan media chemoedutainment terhadap hasil belajar sebesar 10,80%. Harga koefisien korelasi biserial (rb) kelas eksperimen 1 terhadap kelas eksperimen 2 sebesar 0,50 sehingga besarnya kontribusi penerapan metode kumon menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan media chemoedutainment terhadap hasil belajar sebesar 25,04%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode kumon , pendekatan inkuiri, media chemodutainment, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 01:09
Last Modified: 06 Sep 2012 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15040

Actions (login required)

View Item View Item