Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Mind Mapping Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidolisis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Semarang


Silvia Anggraeni, , 4301408045 (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Mind Mapping Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidolisis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Mind Mapping Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidolisis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Mind Mapping Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidolisis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pembelajaran kimia di sekolah masih dilakukan secara konvensional.Pada proses pembelajaran konvensional siswa bersifat pasif, siswa hanya mencatat materi. Proses mencatat keseluruhan membuat siswa menuangkan pikirannya menjadi tidak beraturan, siswa mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam memahami materi sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Oleh karena itu diperlukan suatu teknik pencatatan dan model pembelajaran yang menarik. Salah satu model pembelajaran yang menarik, yaitu mampu mengajak siswa untuk belajar aktif. Salahsatu model pembelajaran yang menarik adalah model pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis garam siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Semarang.Analisis data dilakukan dua tahap, tahap awal dan akhir. Analisis data tahap awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, koefisien determinasi, analisis aspek afektif dan psikomotorik, serta analisis tanggapan siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh semua populasi normal dan homogen c² hitung (5,41)< c² tabel (14,07), analisis pengaruh antar variabel diperoleh rb sebesar 0,4535, koefisien determinasi sebesar 20,57%, uji t satu pihak kanan thitung (3,16) > ttabel (2,00) yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping mempengaruhi hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh model pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping adalah dengan kontribusi sebesar 20,57% terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inquiry, mind mapping dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 00:53
Last Modified: 06 Sep 2012 00:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item