Pembelajaran Larutan Penyangga Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas XI


Umi Rahmawati, , 4301408035 (2012) Pembelajaran Larutan Penyangga Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Larutan Penyangga Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas XI] Microsoft Word (Pembelajaran Larutan Penyangga Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas XI) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Keaktifan siswa, baik keaktifan dalam mengikuti pelajaran maupun keaktifan berfikir sangat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap pelajaran, sehingga akan berpengaruh pula terhadap hasil belajar yang dapat dicapai oleh siswa. Kenyataan di SMA N 3 Rembang, keaktifan siswa masih rendah. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan metode pembelajaran yang bervariasi, salah satunya Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XI SMA N 3 Rembang melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok Larutan Penyangga. Populasi dalam penelitian eksperimen ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Rembang tahun pelajaran 2011 / 2012. Penentuan sampel dengan sistem Cluster random sampling diperoleh dua kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan metode inkuiri terbimbing dan XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan perlakuan menggunakan metode konvensional. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 88% dan kelompok kontrol sebesar 17%. Rata-rata nilai post-test untuk kelas eksperimen sebesar 75,42 dan untuk kelas kontrol sebesar 54,58. Hasil pengamatan pada aspek keaktifan siswa kelas eksperimen sebesar 85,88% dan pada kelas kontrol sebesar 78,70%. Berdasarkan data-data yang diperoleh dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing mempunyai hasil belajar dan keaktifan yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Saran yang dapat diberikan adalah metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan guru mata pelajaran kimia sebagai alternatif untuk merancang pembelajaran di kelas karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Keaktifan, Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 00:47
Last Modified: 06 Sep 2012 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

View Item View Item