Komparasi Antara Hasil Belajar Sistem Periodik Unsur Berpendekatan SETS yang Menggunakan Ular Tangga dan yang tidak Menggunakan Ular Tangga.


Aji Christian B.Adam, 4301407038 (2012) Komparasi Antara Hasil Belajar Sistem Periodik Unsur Berpendekatan SETS yang Menggunakan Ular Tangga dan yang tidak Menggunakan Ular Tangga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Komparasi Antara Hasil Belajar Sistem Periodik Unsur Berpendekatan SETS yang Menggunakan Ular Tangga dan yang tidak Menggunakan Ular Tangga. ] Microsoft Word (Komparasi Antara Hasil Belajar Sistem Periodik Unsur Berpendekatan SETS yang Menggunakan Ular Tangga dan yang tidak Menggunakan Ular Tangga. ) - Published Version
Download (16kB)

Abstract

Ketuntasan hasil belajar kelas X SMA Negeri 1 Bojatahun ajaran 2010/2011, pada materi sistemperiodik unsur kurang dari 85% dan guru cenderung lebih menekankan pada materi pelajaran atau pada sains murni saja.Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk menerapkan metode permainan ular tangga periodik berpendekatan SETS untukmembantu peserta didik mengetahui dan memahami sains, perkembangannya dan bagaimana perkembangan sains dapat mempengaruhi lingkungan, teknologi dan masyarakat secara timbal balik pada materi system periodik unsur.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SETS menggunakan media ular tangga dan peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SETS saja, ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik purposive random sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen I yang mendapat perlakuan dengan menerapkan metode pendekatan SETS dengan menggunakan media ular tangga periodik dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen II yang mendapat perlakuan menerapkan metode pendekatan SETS saja, setelah dilakukan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji analisis data postes, rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen I meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik berturut-turut adalah 23, 26, dan 20.Sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen II, meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik berturu-turut adalah 20, 25, dan 18.Dan besarnya kontribusi penggunaan media ular tangga periodik dalam pembelajaran berpendekatan SETS adalah 64%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SETS, ular tangga periodik, sistem periodik unsur, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 00:17
Last Modified: 06 Sep 2012 00:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15024

Actions (login required)

View Item View Item