Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis CTL dengan Metode Make A Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas VIII


Oryza Hesak Karismaningtyas, , 4201408006 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis CTL dengan Metode Make A Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis CTL dengan Metode Make A Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas VIII] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis CTL dengan Metode Make A Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas VIII) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desaign yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan konsep fisika kelas VIII setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif berbasis CTL dengan metode make a match. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sebagai perlakuan, kedua sampel diberi model pembelajaran yang berbeda, tetapi diberi pre test dan post test yang sama. Berdasarkan uji gain didapatkan bahwa peningkatan konsep fisika yang dicapai oleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hal tersebut juga dapat dilihat pada uji beda rata-rata yang menunjukkan bahwa thitung= 3,273, sedangkan ttabel dengan α=5% dan dk=70 diperoleh hasil 1,994. Karena t berada pada daerah penerimaan Ha, maka kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Perbedaan dari kedua kelas juga tergolong signifikan dengan thitung= 2,597 sedangkan ttabel=1,994. Hasil tersebut dikuatkan dengan hasil uji observasi aktivitas yang menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mencapai nilai 63,19 dengan kategori cukup baik dan kelompok kontrol hanya mencapai nilai 54,86 dengan kategori kurang baik. Penelitian ini masih belum bisa mencapai syarat ketuntasan klasikal yaitu 85%. Kelompok eksperimen hanya mencapai 63,89% sedangkan kelompok kontrol 33,33%. Hal ini disebabkan karena strategi yang diterapkan mungkin hanya cocok pada sebagian siswa dan proses diskusi tidak dapat diprediksi. Akan tetapi secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbasis CTL dengan metode make a match dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika kelas VIII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif berbasis CTL, Make A Match, Pemahaman konsep fisika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 00:04
Last Modified: 06 Sep 2012 00:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15021

Actions (login required)

View Item View Item